Minggu, 15 Okt 2017 11:12 WIB

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Skoliosis

Hanna Pratiwi - detikHealth
Skoliosis sangat menyiksa penyandangnya. Foto: ilustrasi/thinkstock Skoliosis sangat menyiksa penyandangnya. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Masalah pada tulang belakang seperti skoliosis sering dianggap sebagai penghalang bagi pengidapnya untuk bisa beraktivitas. Faktanya, tidak selalu demikian.

Bagaimanapun, skoliosis terkadang memang bisa melemahkan dan sangat menyakitkan. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang skoliosis dan pengidapnya. Berikut sebagian di antaranya.

1. Tidak selalu jelas penyebabnya
Sebainya jangan menanyakan kepada pengidap skoliosis, tentang apa penyebab kondisi yang dialaminya. Faktanya tidak ada yang tahu pasti apa penyebabnya.

2. Menderita di hari-hari tertentu
Jika mengeluh sakit di punggung, itu karena sudah tidak kuat lagi. Jangan tanyakan kepada pengidap skoliosis, apakah salah tidur atau lainnya.

3. Postur berbeda
Skoliosis membuat tulang belakang melengkung, sehingga posturnya tidak mungkin bisa sama seperti pada umumnya. Hindari menanyakan soal postur jika tidak ingin menyinggung perasaannya.

Baca juga: Tulang Belakang Bengkok Adalah Penyakit Keturunan

4. Rasa sakit berbeda-beda
Ada kondisi rasa sakit minimal, terkadang rasa sakit ini benar-benar maksimal. Hingga pengidap skoliosis bisa sampai kejang untuk menghilangkan rasa sakit.

5. Sulit membungkuk
Membungkuk adalah kondisi nyaman bagi penderita skoliosis. Kursi baru yang ada di kantor tidak banyak membantu.

Baca juga: Mengenal Skoliosis, Kelainan Tulang Belakang yang Banyak Menyerang Remaja (ajg/up)