Selasa, 17 Okt 2017 13:30 WIB

Suara dari dalam Tubuh yang Bisa Menandakan Sesuatu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bunyi yang berasal dari tubuh bisa jadi menandakan sesuatu. Foto: Thinkstock Bunyi yang berasal dari tubuh bisa jadi menandakan sesuatu. Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa suara yang berasal dari dalam tubuh biasanya membuat kita malu, apalagi kalau perut yang berbunyi. Tetapi sebaiknya jangan diabaikan, selain lapar mungkin itu juga bisa menandakan sesuatu hal.

Dilansir dari sheknows.com, Selasa (17/10/2017), beberapa bunyi yang harus diwaspadai karena bisa jadi menandakan gejala dari suatu penyakit.

1. Perut menggeram

Biasanya suara menggeram yang datang dari perut sering menandakan kelaparan. Suara itu dinamakan borborygmus yang terjadi akibat usus mendorong gas, bukan makanan ke sepanjang saluran pencernaan. Maka dari itu saat perut kosong, perut akan mengeluarkan suara lebih bising.

Namun, bila sering terjadi borborygmus itu mungkin saja menandakan gejala diare apabila disertai dengan kram, mual, dan rasa tidak nyaman.

Baca juga: Ini Alasan Perut Keroncongan dan Bunyi 'Grok-grok' Saat Lapar

2. Sendawa

Biasanya sendawa menandakan seseorang sudah kenyang. Sendawa adalah hal yang normal, yaitu mengeluarkan gas yang ada di saluran pencernaan. Namun bila terjadi terlalu sering, mungkin saja itu menandakan adanya masalah di lambung, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD), infeksi saluran pencernaan, atau hernia hiatus.

3. Sendi berbunyi kretek-kretek

Untuk sebagian orang hal ini mungkin normal-normal saja, tapi sebisa mungkin jangan dibiarkan. Hal ini bisa jadi merupakan tanda dari adanya radang sendi. Namun, tidak semua bunyi seperti adalah tanda seseorang mengalami radang sendi. Bisa saja hanya gesekan tulang rawan satu sama lain atau kapsul sendi yang sudah mengerut.

Baca juga: Lutut Bunyi Kretek-Kretek Saat Naik Tangga, Sudah Pasti Radang Sendi?

(wdw/up)
News Feed