Rabu, 18 Okt 2017 11:40 WIB

Lingkar Hitam Mata dan Masalah Kulit yang Jadi Pertanda Stres

Erika Kurnia - detikHealth
Efek dari stres bisa muncul di wajah dengan berbagai masalah. Foto: iStock Efek dari stres bisa muncul di wajah dengan berbagai masalah. Foto: iStock
Jakarta - Stres yang berkepanjangan bisa berdampak banyak pada tubuh Anda. Di antara bagian tubuh yang paling mudah terkena dampak dan terlihat adalah kulit. Stres bisa mempengaruhi penampilan dan membuat Anda lebih tua ketika kulit terkena efek sampingnya.

Berikut adalah beberapa masalah kulit yang kerap terjadi akibat dari stres, seperti dilansir dari Zeenews, Rabu (18/10/2017).

Jerawat
Jerawat juga bisa muncul karena stres.Jerawat juga bisa muncul karena stres. Foto: BBC / Judith Donald

Dari sekian penyebab jerawat, stres adalah salah satu penyebabnya. Stres menyebabkan jerawat ketika tubuh kita melepaskan hormon kortisol yang meningkatkan sebum atau minyak yang produksi oleh kelenjar sebaceous.

Baca juga: Pada Wanita, Jerawat Lebih Mudah Muncul Gara-gara Stres


Kulit kering
Ketika Anda stres, hormon stress yang dilepaskan menyebabkan pembuluh darah mengerut. Kondisi ini menyebabkan sirkulasi darah yang buruk yang menurunkan suplai darah ke kulit. Keadaan ini jika terlalu sering akan membuat kulit kering.

Lingkaran hitam
Lingkar hitam pada mata umumnya dipicu stres.Lingkar hitam pada mata umumnya dipicu stres. Foto: ilustrasi/thinkstock

Lingkaran hitam di bawah mata mungkin tampak biasa dan mudah diatasi dengan beragam kosmetik. Tapi, akan lebih baik jika Anda mengontrol stres untuk menghindarinya. Ini bisa dilakukan dengan tidur cukup dan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah dengan pijatan dan relaksasi.

Rosacea
Wajah kemerahan sebagai gejala rosacea salah satunya dipicu oleh stres. Faktor-faktor lain seperti makanan panas dan pedas, suhu ekstrim dan olahraga berat juga dapat menyebabkan masalah kulit ini juga.

Baca juga: 9 Gejala Stres yang Dirasakan oleh Tubuh (fds/fds)
News Feed