Kamis, 19 Okt 2017 13:30 WIB

Ketika Rambut Kemaluan Mulai Beruban Prematur

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Uban adalah sebutan umum untuk rambut di tubuh yang berwarna putih dan hal ini biasanya terjadi karena akar rambut kehabisan 'bahan bakar' penghasil pigmen warna. Oleh karena itu semakin tua usia seseorang maka bisa semakin banyak pula uban yang akan tumbuh.

Terkait hal tersebut meski uban sering terlihat ada di rambut kepala tapi sebetulnya seluruh rambut tubuh bisa beruban. Umumnya uban muncul mulai dari kepala lalu ke rambut kemaluan atau pada beberapa orang bisa juga sebaliknya.

Baca juga: Apa itu Uban dan Dari Mana Datangnya?

Seperti yang dialami oleh presenter televisi asal Inggris, Davina McCall. Di Twitternya Davina bercerita terkejut ketika menemukan ada uban di rambut kemaluan. Menurut studi di Jurnal Dermatologi British memang 23 persen wanita akan mengalami uban di rambut kemaluannya pada usia 50 tahun.

Bila rambut kemaluan seseorang yang lebih muda dari itu sudah beruban secara prematur, maka penyebabnya bisa berbagai macam. Dermatolog Sejal Shah menyebut bisa karena faktor kekurangan vitamin B12 atau gangguan pada kelenjar seperti tiroid atau pituitari.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Menurut Sejal sebaiknya seseorang menjaga konsumsi vitamin B, mengelola stres, dan meninggalkan rokok. Studi menemukan bahwa perokok 2,5 kali lebih mungkin beruban secara prematur dibandingkan nonperokok.

"Tapi karena uban ini seringnya sudah ditentukan secara genetik, akan sangat sulit untuk memperlambat hal yang pasti akan terjadi," kata Sejal seperti dikutip dari Women's Health, Kamis (19/10/2017).

Baca juga: Tak Ingin Cepat Ubanan? Lakukan Hal Ini (fds/up)