Senin, 23 Okt 2017 13:12 WIB

Anjing Choi Siwon Sebabkan Kematian CEO Restoran, Rabies Penyebabnya?

Erika Kurnia - detikHealth
Choi Siwon, pemilik anjing yang menggigit tetangganya hingga meninggal dunia. Foto: Seoul Police Facebook
Jakarta - Kabar meninggalnya CEO restoran terkenal di Korea, Hanilkwan, setelah digigit anjing milik Choi Siwon beberapa waktu lalu menjadi perhatian. Mengapa itu bisa sebabkan kematian?

Salah satu faktor yang memungkinkan adalah virus rabies oleh gigitan anjing. Anjing diketahui sebagai sumber penularan dari sebagian besar kematian rabies pada manusia, tulis Prof dr Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, dalam rilis Hari Rabies Sedunia pada September silam.

"Rabies atau 'Anjing Gila' zoonosis, penyakit menular akut yang menyerang susunan syaraf pusat yang disebabkan oleh virus dan akan mengakibatkan kematian. Penyakit virus ini dapat menyerang semua hewan berdarah panas dan manusia," tulisnya, seperti dikutip detikHealth, Senin (23/10/2017).

Saksikan video 20detik tentang anjing Siwon 'Super Junior' gigit CEO hingga tewas di sini:


Perlu diketahui, penyakit rabies disebabkan oleh lyssa virus dari golongan Rhabdovirus yang terdapat dalam air liur hewan penular rabies. Bentuknya seperti peluru dan ukurannya sangat kecil, tidak bisa dilihat oleh mata biasa.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Ketika Digigit Anjing yang diduga Rabies

"Rabies ditularkan melalui gigitan, cakaran, dan jilatan hewan penular rabies yang menderita rabies, dimana virus rabies terdapat pada air liur hewan penular rabies," lanjut Prof Tjandra.

Menurutnya, tidak ada tes untuk mendiagnosis infeksi rabies pada manusia sebelum timbulnya gejala klinis, kecuali adanya tanda-tanda rabies spesifik seperti hydrophobia atau aerophobia.

Tanda-tanda seseorang terinfeksi rabies terdiri dari stadium permulaan, yang dicirikan dengan tubuh lemah, lesu, nafsu makan berkurang, sulit tidur, demam, muntah-muntah, sakit tenggorokan, dan nyeri pada luka. Ada juga tahap eksitasi atau stadium gila, dan yang paling parah adalah stadium lumpuh atau paralisis yang bisa berakhir pada kelumpuhan dan kematian dalam 4-6 hari setelah gejala pertama muncul.

Foto rekaman CCTV anjing milik Choi Siwon yang menggigit orang.Foto rekaman CCTV anjing milik Choi Siwon yang menggigit orang. Foto: dok. Nate

Tambahan informasi, insiden oleh CEO restoran Korea dan anjing milik penyanyi K-POP tersebut terjadi setelah anjing milik Choi Siwon berlari ke arah lift dan menggigit korban secara tiba-tiba. Setelah insiden tergigit anjing tersebut, korban dirawat di rumah sakit dan meninggal empat hari kemudian.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Cegah Penularan Rabies dari Anjing dan Kucing Peliharaan (fds/fds)