Senin, 23 Okt 2017 14:10 WIB

CEO Restoran yang Digigit Anjing Choi Siwon Dikabarkan Terkena Sepsis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Anjing jenis bulldog perancis milik Choi Siwon. (Foto: dok. Nate)
Jakarta - Baru-baru ini beredar kabar bahwa salah satu CEO restoran terkenal di Korea, Hanilkwan meninggal setelah digigit anjing kepunyaan Choi Siwon. Kabarnya, ia terserang sepsis. Apa itu?

Sepsis adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Pada kasus gigitan anjing salah satu bakteri yang bisa menyebabkannya adalah Capnocytophaga canimorsus yang menyerang pembuluh darah dan bisa mengakibatkan komplikasi serius.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di The Centre for Public Health and Zoonoses, Universitas Guelph, di Canada, ada 16 persen anjing membawa bakteri C. canimorsus di mulut mereka.

Bukan hanya karena digigit, dijilat anjing pun yang memiliki bakteri tersebut di mulutnya juga bisa sebabkan sepsis. Bakteri tersebut akan masuk ke dalam lapisan kulit, apalagi jika kulit mengalami luka.

Baca juga: Dijilat Anjing, Seorang Wanita Terkena Infeksi Berpotensi Mematikan

"Infeksi C. Canimorsus dapat terjadi tanpa harus ada luka cakar atau gigit," tulis dokter dalam laporan di BMJ Case Reports, dikutip dari Live Science, Senin (23/10/2017).

Parahnya, bakteri ini bisa menyebabkan infeksi jenis lain, seperti meningitis, endokarditis atau infeksi pada lapisan bagian dalam jantung (endokardium), infeksi pada mata, dan bahkan pada satu pertiga kasus menyebabkan kematian.

Maka dari itu, luka gigitan anjing harus segera diobati. Jika pengobatan terlalu lama ditunda, kerusakan pada tubuh akan menjadi lebih parah lagi.

Baca juga: Beredar Foto CCTV saat Anjing Milik Choi Siwon Gigit CEO Restoran (wdw/fds)