Selasa, 24 Okt 2017 19:05 WIB

Mana Lebih Baik, Minum Obat dengan Air Dingin atau Suam-suam Kuku?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Mana yang lebih baik, minum obat dengan air dingin atau air suam-suam kuku?/Foto: Thinkstock
Jakarta - Ketika hendak minum obat, kebanyakan orang mungkin masih bingung mengenai suhu air yang diminum, apakah minum dengan air dingin atau dengan air suam-suami kuku. Seperti saran dari beberapa ahli, meminum obat pun cukup dengan air putih saja. Ini karena air putih bersifat netral dan tak mengandung zat-zat lain yang dapat memengaruhi proses penyerapan obat.

Dikutip dari TheHealthSite, Dr Rajni Pathak, Koordinator Preventive Health Check dari Rumah Sakit Fortis Mohali menjelaskan tentang bagaimana suhu air yang tepat amat penting saat menelan obat-obatan. Pada dasarnya air bertindak sebagai 'media transportasi' agar terhindar dari tersedak serta meningkatkan penyerapan obat di perut maupun usus.

Idealnya, jika terkena batuk dan infeksi tenggorokan, disarankan minum obat dengan air hangat. Sebab air hangat dapat menenangkan tenggorokan bahkan mempercepat proses pelarutan. Namun, dari berbagai jenis obat, tentu berbeda pula teknik menelan serta suhur air yang diminum, seperti berikut ini:

Baca juga: Minum Obat Sebaiknya dengan Air Putih Saja, Ini Alasannya

1. Pil atau tablet

Sebelum menenggak obat sejenis pil sebaiknya minum beberapa teguk air untuk membasahi tenggorokan sehingga tenggorokan tak terlalu kering dan obat tersebut bisa ditelan dengan mudah.

2. Kapsul

Jika minum obat jenis kapsul, hindari meminumnya dengan air panas karena dapat menyebabkan lapisan kapsul meleleh di mulut. Maka itu, kapsul harus selalu diminum dengan air bersuhu ruangan.

3. Parasetamol

Jika mengalami demam atau panas tinggi dan memakan parasetamol untuk mengatasinya. Untuk menelannya Anda bisa menggunakan air panas, agar parasetamol bisa lebih cepat larut dan bisa diserap cepat pula oleh tubuh.

Baca juga: Terlalu Banyak Obat yang Diminum Bisa Berbahaya (hrn/up)