Kamis, 26 Okt 2017 10:29 WIB

Echa 'Putri Tidur' di Kalsel Masih Bergelut dengan Penyakit Misterius

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Facebook
Jakarta - Siti Raisa Miranda alias Echa, seorang remaja putri di Banjarmasin Kalimantan Selatan masih bergelut dengan penyakit tidurnya yang misterius. Di Facebook, ayahnya Mulyadi menyebut Echa sempat bangun walau cuma sebentar.

"Kegiatan echa hari ini ternyata masih saja tidur, tapi sudah ada kemajuan, pagi tadi kata mamanya echa bangun (jam 7-an, dan mandi sendiri, juga makan (aq tdk tahu krn berangkat kerja jam 5.45 WITA)," tulis Mulyadi, baru-baru ini.

Dalam tulisan tersebut, Mulyadi menyebut penyakit misterius yang menyerang Echa sudah masuk hari ke-16. Selama itu, Echa telah dijenguk banyak pihak. Termasuk dari Puskesmas S Parman Banjarmasin dan dari SMP Negeri 15 Banjarmasin, tempat Echa bersekolah.

Disebutkan pula dalam tulisan yang lain, Echa sudah lebih dari 2 pekan meninggalkan sekolah.

Baca juga: Ramai di Medsos, Bocah di Kalsel Tidur 10 Hari Akibat Penyakit Aneh

Tidak disebutkan apa penyakit yang menyerang Echa sehingga remaja ini tertidur begitu lama. Di kolom komentar, beberapa orang mengaitkannya dengan hal-hal supranatural maupun penyakit tidur.

Salah satu kondisi medis yang dicirikan dengan tidur berlebih adalah Kleine-Levin Syndrome. Penyakit langka ini sering disebut juga sindrom putri tidur atau sleeping beauty syndrome.

Baca juga: Sleeping Beauty di Dunia Nyata! Remaja Ini Tidur 20 Jam Sehari

(up/up)