Kamis, 26 Okt 2017 11:47 WIB

Heboh Remaja Laki-laki 'Melahirkan', Ini Kemungkinan yang Terjadi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Fetus in fetu adalah kejadian langka. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - GY (17) seorang remaja laki-laki asal Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, dikabarkan 'melahirkan' bayi berkelamin laki-laki dengan cara operasi di salah satu rumah sakit di Kota Semarang selasa silam. Netizen banyak yang penasaran dan bahkan ada mengaitkan hal ini dengan mistis.

Belum ada informasi detail tentang hal tersebut. Namun dalam beberapa kasus serupa, kejadian seperti ini berhubungan dengan kondisi yang dalam dunia kedokteran disebut sebagai Parasitic Fetus in Fetu. Ini adalah fenomena yang terjadi ketika sebuah embrio kembar yang tercipta dalam uterus kemudian tumbuh, namun pada saat pertumbuhannya gagal melakukan pemisahan.

Beberapa waktu lalu pada tahun 2016, remaja laki-laki di Malaysia bernama Mohd Zul Shahril Saidin dilaporkan mengidap kondisi yang sama selama 15 tahun. Kondisi ini terjadi ketika satu janin kembar gagal berkembang dalam rahim sehingga kemudian 'ditelan' oleh kembarannya sendiri.

Baca juga: Remaja Pria di Malaysia Jalani Operasi Pengangkatan 'Kembarannya'

Fetus in fetu diperkirakan terjadi pada satu dalam 500 ribu kelahiran. Beberapa ilmuwan percaya bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh teratoma atau tumor yang mengandung jaringan seperti tulang dan rambut, namun ilmuwan lain percaya bahwa ia adalah kembaran yang gagal berkembang.

Baca juga: Perempuan-perempuan Ini Pernah Mengandung 'Mumi' Bayi

Satu hal yang disebut jadi pembeda antara fetus in fetu dengan teratoma adalah pada kasus fetus in fetu ada bukti mencolok bahwa terjadi penyusunan tubuh yang jelas.

Baca juga: Kembar Gagal, Orang-orang Ini 'Telan' Saudara Kembarnya Sendiri (ajg/up)