Kamis, 26 Okt 2017 13:12 WIB

Kasus-kasus Pria 'Melahirkan' Seperti Dikabarkan Terjadi di Grobogan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kasus pria 'melahirkan' beberapa kali terjadi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Baru-baru ini nama GY (17), remaja asal Grobogan, Jawa Tengah, menjadi sorotan. Pasalnya, kejadian yang dialami GY masih merupakan hal yang asing bagi sebagian netizen.

Maklum, kasus semacam ini memang terbilang langka. Salah satu kemungkinan penyebab laki-laki bisa 'mengandung' adalah fetus in fetu, yang diperkirakan terjadi pada satu dalam 500 ribu kelahiran.

Ada beberapa teori yang berkembang terkait kondisi ini. Beberapa ilmuwan percaya bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh teratoma atau tumor yang mengandung jaringan seperti tulang dan rambut, namun ilmuwan lain percaya bahwa bayi tersebut adalah kembaran yang gagal berkembang.

Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, orang-orang berikut memiliki kejadian yang serupa dengan apa yang terjadi pada GY. Ini dia di antaranya.

1. Kasus di Malaysia

Terjadi pada remaja lelaki juga, Mohd Zul Shahril Saidin dari Malaysia dilaporkan mengidap kondisi langka ini selama 15 tahun. Saidin yang merupakan anak kelima dari delapan bersaudara ketika bayi tak menunjukkan hal aneh kecuali perutnya yang memang agak bundar. Beranjak dewasa, perutnya semakin membesar membuat gerak Saidin jadi terbatas.

Pihak keluarga baru membawa Saidin ke dokter ketika ia sering mengeluh perut terasa sakit selama empat bulan. Setelah dirawat, barulah diketahui bahwa di dalam perutnya terdapat sebuah massa yang dipercaya sebagai kembarannya yang tak pernah lahir ke dunia.

Baca juga: Remaja Pria di Malaysia Jalani Operasi Pengangkatan 'Kembarannya'

2. Kasus di Peru

Isbac Pacunda kala itu adalah seorang balita yang masih berumur tiga tahun. Ia hidup dengan perut membesar seperti ibu hamil. Dokter mengatakan saudara kembarnya tersebut masih berbentuk separuh janin dengan terbentuk mata, tulang, rambut pada tempurung kepala, tetapi tidak mengembangkan otak, paru-paru, jantung dan anus.

3. Kasus di Cina

Seorang bayi di Provinsi Henan, China, lahir dengan tambahan penis di punggungnya. Ayah si bayi, Li Jun, pun bergegas membawa puteranya ke RS Anak Tianjin untuk dioperasi.

Baca juga: Kembar Gagal, Kaki dan Tangan Nemplok di Kaki Bayi yang Hidup (ajg/up)