ADVERTISEMENT

Kamis, 26 Okt 2017 18:05 WIB

Berbagai Penyebab Orang Tidur Lebih Lama dari Biasanya

Erika Kurnia - detikHealth
Ada banyak alasan mengapa Anda bisa tidur lebih lama dari biasanya. Foto: thinkstock
Jakarta - Waktu tidur yang normal adalah sekitar 8 jam tiap malam. Tapi, pada kondisi tertentu, waktu tidur seseorang bisa lebih panjang daripada waktu tersebut.

Tidur terlalu banyak, yakni lebih dari sembilan jam, bisa menjadi pertanda penyakit lain. Tapi, apa saja alasan-alasan yang membuat orang bisa tidur lebih lama dari biasanya?

Penyalahgunaan obat
Penggunaan zat tertentu, seperti alkohol dan obat-obatan, bisa membuat orang merasa lebih lelah dan mengantuk. Obat-obatan atau alkohol harus dikonsumsi secara bertanggung jawab dan dikonsultasikan pada ahlinya jika memang dibutuhkan.

Stres dan depresi
Depresi adalah penyebab utama tidur lebih lama dari biasanya. Orang yang alami stres dan depresi mungkin merasa lelah dan sulit bangun tidur. Dari Mayoclinic, tidur yang terlampau nyenyak dikaitkan dengan depresi atipikal, kelainan yang menyebabkan orang bertambah berat badan dan ketidaknyamanan.

Baca juga: Terlalu Banyak Tidur Bisa Jadi Penyakit, Berapa Lama Batasnya?

Kelelahan
Kelelahan bisa jadi akibat dari berbagai faktor, seperti bekerja terlalu keras, gangguan tidur, kehamilan, atau karena kurang tidur dalam waktu lama. Lembaga National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur setidaknya tujuh sampai sembilan jam. Ketika ada kesempatan untuk istirahat, tubuh bisa tidur lebih lama melebihi waktu normal.

Sleep Apnea
Dilansir dari Livestrong, Kamis (26/10/2017), sleep apnea adalah gangguan pernapasan yang membuat napas berhenti secara berkala sepanjang malam, sehingga siklus tidur terganggu. Akibatnya, mereka yang mengalami sleep apnea harus berjuang untuk tidur lebih lama untuk menebus siklus tidur yang rusak.

Baca juga: Selain Sindrom Putri Tidur, Ini Penyebab Lain Orang Telelap Berhari-hari (up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT