Jumat, 27 Okt 2017 12:10 WIB

Ribut-ribut Pilih Sumber Protein, Kamu Tim Susu atau Tim Ikan?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sama-sama sumber protein yang baik, boleh pilih ikan dan susu sesuai kesukaan. Foto: Istimewa Sama-sama sumber protein yang baik, boleh pilih ikan dan susu sesuai kesukaan. Foto: Istimewa
Jakarta - Menuai pro kontra, program Revolusi Putih yang diusung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto kabarnya akan dibangkitkan lagi. Revolusi Putih yang diusulkan ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yakni agar anak-anak mendapat asupan susu yang cukup.

Menanggapi hal itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof Dr dr Nila F. Moeloek, SpM(K) menegaskan bahwa susu memang sebagai sumber protein yang baik. Namun masih terdapat sumber protein lainnya yang bisa menggantikan susu, seperti ikan.

"Ikan ini sama dengan susu. Jadi ada proteinnya ada lemaknya yang sehat, ada DHA," ujarnya setelah melakukan jalan sehat di Kementerian Kesehatan RI, Jumat (27/10/2017).

Baca juga: Soal Revolusi Putih, Menkes: Makan Harus Gizi Seimbang

Antara ikan dan susu, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR dr Saptawati Bardosono, SpGK, MSc mengatakan bahwa keduanya adalah sumber protein yang baik.

"Tapi yang lebih penting adalah kandungan asam aminonya juga. Dan sebenarnya dibutuhkan variasi dan campuran makanan sumber supaya bisa mendapatkan asupan protein dengan kualitas yang optimal," ujarnya kepada detikHealth.

Baca juga: Susu Prabowo vs Ikan Menkes Nila F. Moeloek

Walau dokter yang akrab disapa Tati ini tidak menyebutkan secara detail kandungan protein pada ikan dan susu, ia memberi kebebasan untuk memilih kedua sumber protein tersebut.

"Sekarang tinggal dipilih mana yang lebih disukai dan lebih tersedia ya kayanya serta kemudahan untuk dikonsumsinya," tutupnya.

Jadi, kamu tim ikan atau tim susu?

Baca juga: Kata Pakar, Ini Waktu Terbaik Minum Susu Agar Manfaatnya Maksimal


Susu sama baiknya dengan ikan sebagai sumber protein.Susu sama baiknya dengan ikan sebagai sumber protein. Foto: ilustrasi/thinkstock


Baca juga: Canda Susi: Daripada Revolusi Putih, Mending Susinisasi (wdw/up)
News Feed