Jumat, 27 Okt 2017 14:22 WIB

Lakukan Ini Jika Anda Berhari-Hari Tidak BAB

Erika Kurnia - detikHealth
Kesulitan BAB bisa diatasi dengan beberapa langkah. Foto: iStock Kesulitan BAB bisa diatasi dengan beberapa langkah. Foto: iStock
Jakarta - Tidak bisa buang air besar (BAB) beberapa hari mungkin terbilang wajar, tapi kalau sudah terlanjur lewat seminggu atau beberapa minggu, penanganan sigap harus dilakukan segera.

Frekuensi BAB yang normal mulai dari sekali sehari atau tiga hari. Jika lebih dari waktu tersebut, Anda bisa melakukan beberapa langkah penanganan, seperti disarankan Deborah Fisher, MD dari American Gastroenterological Association.

Banyak minum dan makanan berserat
Jika Anda kesulitan BAB atau sembelit selama beberapa hari, kurangnya "pelicin usus besar" bisa jadi alasannya. Ini bisa diatasi dengan banyak minum dan banyak mengonsumsi buah-buahan berserat. Selain itu, banyak bergerak atau mempraktekkan latihan tertentu yang berfokus pada pencernaan mungkin bisa membantu melancarkan BAB.

Baca juga: Makan Salak Bikin Sembelit, Makan Pepaya Lancarkan BAB?

Minum susu magnesia
Langkah kuratif ini bisa dilakukan ketika Anda sudah mengalami kesulitan BAB selama seminggu penuh. Susu magnesia atau Mg(OH)2 tidak hanya menetralisir asam lambung, tapi juga meredakan sembelit. Minum lebih banyak air dan konsumsi buah berserat tinggi tetap disarankan sembari mencoba susu magnesia ini.

Minum obat pencahar
Obat yang lebih kuat seperti obat pencahar disarankan jika Anda sudah alami sembelit seminggu lebih. Obat ini akan membantu menstimulasi otot-otot di usus besar sehingga BAB akan lancar. Obat ini direkomendasikan jika sembelit Anda sudah terlalu parah, dengan demikian pencernaan Anda tidak akan bergantung pada obat ini ketika terlalu lama digunakan.

Baca juga: Susah Buang Air Besar? Jangan Buru-buru Minum Obat (up/up)