Sabtu, 28 Okt 2017 15:15 WIB

Beragam Alasan Psikologis Orang Belum Berani Naik Pesawat

Erika Kurnia - detikHealth
Ketakutan naik pesawat kerap terkait faktor psikis. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pesawat kini jadi moda transportasi yang kian terjangkau. Sayangnya, masih ada orang yang belum berani naik pesawat karena beberapa alasan psikologis.

Memang, ada banyak faktor dari pesawat yang membuat perjalanan terasa riskan dan tidak nyaman daripada menggunakan jalur darat. Namun, banyak orang mengalami ketidaknyamanan dan ketakutan karena pikiran mereka sendiri.

Berikut ini adalah beberapa di antara alasan psikologis orang belum berani naik pesawat:

Baca juga: Ini Sebabnya Telinga Terasa Ada yang Menyumbat Saat Naik Pesawat

1. Pernah mendengar pengalaman buruk orang lain
Pengalaman tidak nyaman atau buruk yang dirasakan seseorang dan sampai pada orang lain bisa menularkan perasaan yang sama pada orang yang belum mengalami sendiri kondisi tertentu. Pengaruh ini bisa memicu paranoid yang tidak perlu bagi orang lain yang belum merasakan sendiri naik pesawat.

2. Aviophobia
Fobia naik pesawat atau yang disebut aviophobia bisa dialami oleh siapa saja yang tidak bisa mengontrol diri mereka saat berada di dalam pesawat. Perasaan cemas mendengar suara-suara mesin pesawat, ketidaknyamanan duduk di kursi sempit pesawat, kekhawatiran pada kecelakaan pesawat, adalah gejala serius orang yang mengalami fobia naik pesawat.

3. Claustrophobia
Ketakutan akan kondisi di pesawat, yang dikategorikan sebagai claustrophobia, juga bisa menjadi alasan orang tidak mau naik pesawat. Kondisi ini bisa memicu aviphobia juga. Bayangan pesawat melayang tinggi di udara dan pemandangan langit dari jendela pesawat menjadi ketakutan dari orang dengan fobia ini.

Baca juga: Mengenal Fenomena Trypophobia, Ketakutan Melihat Objek Berlubang

(up/up)