Senin, 30 Okt 2017 20:10 WIB

Pakai Baking Soda, Cara Terbaik Bersihkan Pestisida Dari Buah dan Sayur

Firdaus Anwar - detikHealth
Selalu biasakan cuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi. (Foto: iStock) Selalu biasakan cuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi. (Foto: iStock)
Jakarta - Kita disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur minimal lima porsi per hari untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Namun sebelum dimakan ingat untuk selalu mencucinya karena bisa jadi masih ada residu pestisida yang menempel.

Sudah banyak studi melihat dampak buruk paparan residu pestisida terhadap manusia mulai dari masalah penurunan kualitas sperma, gangguan saraf, terganggunya imunitas, bahkan hingga penurunan IQ calon anak.

Baca juga: IQ Bayi Rendah Karena Ibu Sering Kena Pestisida Saat Hamil

Lalu bagaimana cara mencuci buah dan sayur yang terbaik? Terkait hal tersebut sekelompok peneliti dari University of Massachusetts menemukan jawabannya yaitu dengan baking soda.

Pemimpin studi Dr Lili He mengetahuinya setelah melakukan eksperimen menggunakan peralatan sensitif dan buah apel. Tim dengan sengaja melapisi apel dengan thiabendazole, fungisida, atau phosmet yang sering digunakan untuk mengusir hama.

Setelah apel dilapisi oleh berbagai macam pestisida tersebut, peneliti pun mencucinya dengan tiga cara yaitu menggunakan air biasa, air yang dicampur clorox, dan air yang dicampur baking soda.

Hasilnya dipublikasi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa air dengan baking soda adalah yang paling dapat membersihkan pestisida dari apel. Perlu waktu sekitar 12 menit untuk melunturkan thiabendazole sementara butuh 15 menit untuk mencuci phosmet.

Peneliti mencatat meski campuran air dengan baking soda adalah yang terbaik untuk mencuci residu, namun pestisida tidak dapat sepenuhnya dihilangkan dari apel.

Mengapa campuran air baking soda paling baik kemungkinan karena dapat membantu memecah molekul yang ada pada pestisida. Hal serupa berlaku juga untuk produk yang lain.

"Kembali tergantung dari struktur buah dan sayurannya, tapi ini adalah cara umum. Anda tidak perlu menakarnya persis, cukup tambahkan saja sedikit baking soda ke dalam air akan lebih baik daripada tidak memakai sama sekali," kata Lili seperti dikutip dari Reuters, Senin (30/10/2017).

Baca juga: Hempaskan Bau Ketiak secara Alami dengan Baking Soda (fds/up)