Selasa, 31 Okt 2017 13:26 WIB

Tersedak Jarum Pentul, Ini Cara Menanganinya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Manuver Heimlich salah satu cara untuk menangani tersedak jarum pentul/Foto: Thinkstock Manuver Heimlich salah satu cara untuk menangani tersedak jarum pentul/Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat seseorang tersedak makanan, langkah yang biasa dilakukan adalah dengan minum banyak air dengan harapan makanan tersebut terdorong dan lepas dari tenggorokan. Namun, jika benda yang tersangkut di tenggorokan adalah jarum pentul, cukupkah didorong dengan minum air yang banyak?

"Dorong air sebenarnya tidak disarankan, kalau posisi jarum pentul itu yang tajamnya mengarah ke bawah itu yang dikhawatirkan," kata dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes atau yang akrab disapa dr Linda, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan dari RS Permata Depok.

Menurut dr Linda, jarum pentul yang tertelan masih relatif aman apabila bagian tajamnya mengarah ke atas dan masuk ke saluran makan. Upaya yang bisa lakukan untuk mengeluarkan jarum pentul tersebut yakni dengan manuver Heimlich, caranya yaitu dengan memposisikan diri di belakang pasien, lalu setelah itu beri dorongan pada bagian perut dengan harapan pasien dapat memuntahkan benda tersebut.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Tersedak Duri Ikan

"Langsung saja kita duduk di belakangnya atau berdiri di belakangnya langsung perutnya didorong ke atas, jadi perutnya diangkat, jadi dia kedorong langsung muntah. Atau langsung dibalikkan, dipukul sekuat-kuatnya supaya dimuntahkan," jelas dr Linda.

Namun dr Linda menegaskan, jika tidak tahu di mana posisi jarum pentul tersebut, sebaiknya tidak ditangani secara sembarangan.

"Kalau nggak bisa ya harus cepat dievaluasi, di mana benda asingnya pakai endoskopi yang ada kameranya untuk ngambilnya ada capitnya itu.

Baca juga: Penting! Ini Bahayanya Menelan Jarum Tajam

(hrn/up)
News Feed
googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/health/medium_rectangle2', [300, 250], 'div-gpt-ad-1534248323665-0').setTargeting('pos', ['medium_rectangle2']).addService(googletag.pubads());