Selasa, 31 Okt 2017 13:55 WIB

Pria Ini Telan Korek Gas, Cairan Beracunnya Bocor di Perut

Erika Kurnia - detikHealth
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Pepatah tersebut cocok untuk pria yang mengalami masalah pada pencernaannya karena menelan korek api gas, yang kemudian bocor di dalam perut pria asal Florida, Amerika Serikat ini.

Menurut sebuah laporan baru-baru ini, pria 49 tahun itu pergi ke ruang gawat darurat pada Oktober 2016 karena mengeluh sakit perut, mual, dan muntah. Dari laporan kasus, yang dipublikasikan secara online pada bulan Agustus di jurnal Case Reports in Emergency Medicine, sinar X menunjukkan temuan yang aneh.

"Benda asing menyerupai pemantik rokok ditemukan di dalam perut," tulis dokter yang merawat pria itu dalam laporannya, seperti dilansir dari Foxnews, Selasa (31/10/2017).

Para dokter memindahkan pemantik api menggunakan alat yang disebut endoskopi, yang terdiri dari tabung tipis dan fleksibel dengan kamera dan forsep yang dimasukkan ke dalam mulut dan perut. Kamera tersebut mengungkapkan bahwa pemantik api, yang terbalik di perut pria itu, telah membocorkan cairan bahan bakar sehingga pria tersebut telah alami maag parah dan robek pada lambungnya.

Baca juga: Dokter Segera Keluarkan Paku Dalam Perut Pria Tasikmalaya

Bahan kimia yang ditemukan sangat beracun, namun ternyata asam lambung pria itu bertanggung jawab atas robeknya (ulcers) jaringan lambung pria tersebut.

"Ulcers dari benda asing tidak begitu umum," kata Dr. Asim Shuja, seorang ahli penyakit dalam medis di University of Florida College of Medicine yang merawat pria tersebut. Tapi dalam kasus yang jarang terjadi, benda tertentu yang bisa membocorkan asam baterai, bisa menimbulkan masalah.

Memang, ketika seseorang menelan sesuatu selain makanan, benda tersebut akan melewati saluran pencernaan orang tersebut dan keluar dari ujung yang lain tanpa masalah selain ketidaknyamanan. Benda aneh yang sering dilaporkan tertelan manusia termasuk gigi palsu, tulang ayam, atau barang rumah tangga, menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan di jurnal Deutsches Arzteblatt International.

Tapi terkadang, orang menelan barang dengan sengaja. Penyakit jiwa atau keinginan untuk menyakiti diri sering memainkan peran. Dalam kasus ini, pasien diketahui menderita skizofrenia dan sebelumnya dirawat di rumah sakit setelah menelan satu sendok.

"Sebelumnya, pasien kami memang memiliki sejarah menelan benda-benda seperti sendok dan pisau cukur," kata Shuja.

Baca juga: Terungkap! Ini Penyebab Paku Ada Dalam Perut Pria Tasikmalaya

(up/up)