Selasa, 31 Okt 2017 14:49 WIB

Periksa Kanker Serviks Gratis di RSON Cibubur

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: 20detik
Jakarta - Kampanye pemeriksaan kanker serviks gratis dengan tes IVA secara rutin rencananya akan dilakukan di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur. Hal tersebut menyusul agenda program dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet kerja.

Beranggotakan istri-istri dari menteri di Kabinet Kerja, OASE memiliki program utama meningkatkan cakupan deteksi dini tes IVA di seluruh Indonesia.

"Ini merupakan program utama dari OASE yang dipimpin oleh ibu Jokowi. Jadi enggak cuma internal saja di DKI tapi kita berkeliling koordinasi dengan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Shobibah Rohmah ditemui di RSON, Selasa (31/10/2017).

"Di kemenpora sendiri kita mengadakan beberapa kali. Nanti kita upayakan di sini (RSON -red) bisa diadakan rutin," lanjut istri dari Menteri Olahraga Imam Nahrawi ini.

Baca juga: Catat, Ini Tandanya Sel Kanker Sudah Menyebar ke Tulang Belakang

Pelaksana tugas Direktur Utama RSON dr Erni Yustiani, MH.Kes, mengatakan pemeriksaan IVA sebetulnya sudah bisa dilakukan di puskemas mana saja. Biayanya juga gratis karena sudah ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hanya saja memang mungkin bila tidak dibuatkan acara khusus kesadaran masyarakat masih rendah untuk berinisiatif datang memeriksakan diri.

"Ya sebenarnya bisa setiap hari ya cuma biar cakupannya lebih banyak dan gaung kesadaran tentang kanker serviksnya lebih baik lagi jadi dibuatkanlah acara. Kan sekaligus penyuluhan juga enggak cuma sekedar periksa pulang," kata dr Erni.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks 1.200 Perempuan Jalani Tes IVA

(fds/up)