Rabu, 01 Nov 2017 08:53 WIB

Herpes Menular Lewat Lipstik, Mungkinkah?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang wanita di California menuntut Sephora, sebuah toko kecantikan, karena tertular herpes dari sample lipstik yang disediakan toko tersebut. Mungkinkah virus menular lewat lipstik?

Dikutip dari Livescience, dr Amesh Adalja dari Johns Hopkins Center for Health Security menyebut hal ini secara teknis mungkin saja terjadi. Namun penularan virus herpes melalui lipstik bukan hal yang lazim ditemukan.

Spesialis penyakit menular ini menyebut herpes menular lewat kontak permukaan kulit maupun air ludah. Secara teknis jika seseorang terinfeksi lalu menyebarkan virus ke lipstik, maka orang lain yang menggunakannya segera setelah itu akan ikut tertular.

Seberapa lama virus bertahan di lipstik, menurut dr Adalja dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya tingkat kelembaban, dan biasanya virus herpes bisa hidup berjam-jam.

Baca juga: 4 Fakta Terkait Penyakit Herpes Genital

Namun dalam kasus yang dimuat di TMZ tersebut, dr Adalja mengatakan sumber penularan belum tentu lipstik. Walau ia tidak ikut memeriksa, ia menduga ada peluang besar wanita tersebut sudah lebih dulu terinfeksi herpes sebelum kontak dengan lipstik.

"Saya menduga banyak orang yang berpikir terkena herpes dari benda tertentu, sebenarnya sudah positif sebelumnya karena ini adalah infeksi umum dan tak terhindarkan," katanya.

Herpes oral biasanya disebabkan oleh Herpes Simplex Virus tipe 1 (HSV-1). Di seluruh dunia, diperkirakan 67 persen orang di bawah usia 50 tahun punya virus ini. Tidak semua jadi sakit, tetapi tetap bisa menularkan.

Baca juga: Ini Cirinya Terkena Herpes Genital

(up/up)
News Feed