Rabu, 01 Nov 2017 16:26 WIB

Demi Kesehatan, 3 Aktivitas Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan Sendirian

Erika Kurnia - detikHealth
Banyak hal yang jika sering dilakukan sendiri tidak menyehatkan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebagai makhluk sosial, hidup sendiri ternyata ditemukan sering berdampak pada kesehatan. Bahkan dari aktivitas harian sederhana seperti makan dan tidur, faktor kesendirian bisa menjadi pemicu perburukan kondisi kesehatan.

Banyak penelitian para ahli telah menemukan hubungan antara beberapa aktivitas fisik dengan risiko kesehatan yang mungkin terdengar buruk. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Makan
Penelitian terbaru yang dilakukan oleh periset di Rumah Sakit Universitas Dongguk Ilsan di Seoul, Korea Selatan, pada 7.725 orang dewasa menunjukkan bahwa orang yang sering makan sendiri, risiko mereka alami obesitas dan penyakit sindrom metabolik meningkat.

Risiko yang ditemukan lebih tinggi pada pria daripada wanita ini mencapai 45 persen untuk peningkatan risiko obesitas dan 64 persen untuk risiko pengembangan sindrom metabolik. Pada wanita, risikonya hanya 29 persen lebih mungkin memicu sindrom metabolik jika mereka makan sendiri dua kali atau lebih per hari.
Demi Kesehatan, 3 Aktivitas Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan SendirianFoto: Lois Bielefeld
Baca juga: Bahaya! Sering Makan Sendirian Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

2. Olahraga
Olahraga bersama-sama jelas lebih menyenangkan daripada sendiri, bukan? Tanpa dukungan teman yang senang akan kebugara, Anda mungkin sama sekali malas bergerak. Para ilmuwan dari Iowa State University pun melihat hal ini pada 405 relawan yang sedang berkomitmen untuk rutin olahraga.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa relawan yang bergabung dengan klub kebugaran rata-rata berolahraga selama 484 menit tiap pekan. Sementara itu, relawan yang berolahraga sendiri hanya mencatatkan rata-rata 137 menit tiap pekan.

Demi Kesehatan, 3 Aktivitas Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan SendirianFoto: Thinkstock

3. Tidur
Tidur sendiri di dalam rumah seorang diri pasti tidak nyaman, kecuali Anda menginginkaannya. Tapi jika ini berlangsung lama, ditambah dengan faktor kesendirian lainnya yang menurunkan kualaitas hidup Anda, tidur Anda akan terganggu.

Menurut psikolog John Cacioppo dari University of Chicago, orang yang kesepian bangun lebih banyak di malam hari dan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tidur di tempat tidur daripada yang tidak kesepian.

Demi Kesehatan, 3 Aktivitas Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan SendirianFoto: Thinkstock

Baca juga: Cukup Tiga Malam Tak Tidur Nyenyak Bisa Mengubah Kondisi Mental

(up/up)