Jumat, 03 Nov 2017 12:06 WIB

Harus Seberapa Sering Keramas Dalam Seminggu? Ini Kata Ahli

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Frekuensi mencuci rambut tentunya berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya. Foto: Thinkstock Frekuensi mencuci rambut tentunya berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya. Foto: Thinkstock
Jakarta - Rambut adalah mahkota, sehingga merawatnya untuk tetap tampil dalam kondisi terbaik merupakan hal yang jadi perhatian banyak orang. Salah satu menjaga kesehatan rambut adalah dengan mencuci rambut secara rutin. Tapi masalahnya, seberapa sering seharusnya mencuci rambut?

Angela Lamb, MD, asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York, menjelasan bahwa sampo bisa memperangkap minyak di kepala. Jadi jika Anda melakukannya terlalu sering, Anda bisa membuat rambut kering dan rentan mengalami kerusakan.

"Rambut menghasilkan minyak alami yang disebut sebum, dan sampo adalah pengemulsi yang menangkap kelebihan minyak, kotoran, dan residu produk, yang kemudian Anda bilas untuk membersihkan rambut," kata Lamb.


Baca juga: Keramas Tanpa Pakai Sampo, Sehatkah untuk Rambut dan Kulit Kepala?


Namun, karena kondisi rambut orang berbeda-beda dalam memproduksi sebum, para ahli sepakat bahwa urusan seberapa sering mencuci rambut tentunya juga tidak akan sama antara satu dengan lainnya.

Nah, untuk orang yang dianjurkan keramas setiap harinya, Carolyn Goh, MD, asisten profesor pengobatan klinis di David Geffen School of Medicine, UCLA, memberikan kriterianya, di antaranya adalah orang-orang yang memiliki aktivitas fisik tinggi sehingga terus berkeringat dan orang-orang yang tinggal di lingkungan lembab. Jika dibiarkan, ini bisa memancing timbulnya ketombe.

"Beberapa orang berpikir mereka memiliki kulit kepala kering kareng memiliki ketombe, padahal pada situasi tersebut, keramas secara rutin dapat membantu," jelas Goh seperti dikutip dari WebMD.


Baca juga: Punya Kondisi OCD, Wanita Ini Bisa Keramas 72 Kali Setiap Hari

(up/up)
News Feed