Jumat, 03 Nov 2017 19:02 WIB

Latihan Beban, Ini Pesan Moral yang Didapat Presenter John 'Pantau' Martin

Erika Kurnia - detikHealth
Presenter John Martin lakukan latihan pembentukan otot bersama pelatih kebugaran pribadi. Foto: Instagram @itsjohnmatint Presenter John Martin lakukan latihan pembentukan otot bersama pelatih kebugaran pribadi. Foto: Instagram @itsjohnmatint
Jakarta - Melatih otot bersama pelatih kebugaran pribadi tidak selalu lebih mudah, menurut mantan presenter John Pantau ini, dalam curhatannya baru-baru ini di media sosial Instagram. John Martin Tumbel pun mendapatkan pesan moral yang berarti.

"Kalo latihan sama Personal Trainer (PT), saya ga ngeh berapa kilogram yg saya angkat. Langsung angkat aja. Saya percaya penuh sama PT, tapi tahu berat nya pasti ditambah, supaya otot makin ngembang. Makin lama makin berat, biasanya makin kenceng jg PT nyemangatin," tulis pemilik akun @itsjohnmartint ini.

Pria berkacamata ini mengaku, saat sang PT memberi beban tambahan, ia akan secara otomatis mengecek angka beban yang ditambah tersebut.

Baca juga: Satu Lagi Manfaat Latihan Angkat Beban: Bantu Redakan Cemas

Latihan Beban, Ini Pesan Moral yang Didapat Presenter John 'Pantau' MartinFoto: Instagram @itsjohnmatint

"Saat beban nya udh GILA BANGET BERATNYA, biasanya saya reflek ngecek, BUSET 60 kg!! Pantesan mau matiii. Angka yg saya ga pernah berani angkat... malah pernah ni ya... pas ngecek ternyata saya ngangkat berat maksimal beban mesin, sekitar 80-100kg. GILA KAN? Dasar PT Ularrr!!" jeritnya dalam keterangan foto yang diposting, Kamis (2 November 2017).

Dari sini, John melihat perbedaan bagaimana kemampuannya saat sadar angka beban yang diangkat dan tidak. Menurutnya, ia menjadi lebih kuat ketika tidak fokus pada angka.

"Kalo ngecek dulu kilogram nya, atau ngangkat sambil ngelihatin angkanya, tenaga saya jd letoy, ga sekuat waktu ga tahu bebannya berapa. Kadang 40kg udah nyerah di 8 hitungan, padahal kemarin bisa 60-70kg. Trus PT jd heran, saya pun heran. Kok bs? Ternyata tanpa sadar, fokus saya jd ke angka bebannya. Saat pikiran bilang ga akan sanggup, ya beneran ga sanggup, tenaga jd lemah. Beda banget hasilnya waktu fokus saya ke PT, percaya aja tanpa tahu berat nya berapa, hanya terpacu dgn omongan2 semangat nya," ungkapnya.

Baca juga: Rajin Angkat Beban, Kiki Fatmala Tak Ingin Lengannya Seperti Agar-agar

(up/up)
News Feed