Sabtu, 04 Nov 2017 09:11 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Mengonsumsi Makanan Berminyak

Widiya Wiyanti - detikHealth
Meski rasanya nikmat, batasi konsumsi makanan tinggi lemak. (Foto: iStock)
Jakarta - Terkadang kentang goreng bahkan gorengan pinggir jalan sangat menggoda untuk bisa dinikmati. Tahukah dampaknya bagi tubuh jika mengonsumsi makanan berminyak?

Dikutip dari health.com, Sabtu (4/11/2017) ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi makanan berminyak.

1. Sistem pencernaan terganggu

Saat makan gorengan, jumlah minyak berlebih memberi tekanan pada sistem pencernaan kita. Dari beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein dan lemak, lemak adalah yang paling lambat untuk dicerna dan memerlukan enzim untuk mencernanya.

Inilah yang membuat sistem pencernaan terganggu dan membuatnya mengalami stres karena harus bekerja lebih berat untuk memecah lemak yang berasal dari makanan berminyak tersebut.

Baca juga: Doyan Makanan Berlemak Tingkatkan Risiko Kanker Paru

Makanan berlemak tinggi dapat membuat pencernaan tidak nyaman.Makanan berlemak tinggi dapat membuat pencernaan tidak nyaman. (Foto: thinkstock)


2. Diare

Hasil dari terganggunya sistem pencernaan ini salah satunya adalah mengalami diare. "Makanan tidak hanya akan berhenti di perut Anda, tapi bisa masuk usus namun belum cukup dicerna," kata ahli diet dari Boston, Ayla Barmmer.

3. Bakteri baik di usus rusak

Di dalam usus terdapat bakteri baik yang dikenal dengan mikrobioma yang menjaga kekebalan tubuh. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, ini akan merusak bakteri baik tersebut.

"Makanan berminyak tidak mengandung lemak sehat dan bergizi yang bisa kita temukan di alpukat, ikan, minyak zaitun extra virgin dan bahkan mentega," kata Barmmer.

Baca juga: Trik Ini Mampu Mengatasi Kecanduan Makanan Berlemak (wdw/up)