Selasa, 07 Nov 2017 12:15 WIB

Jangan Lupa 3 Vaksin Berikut Ketika Akan Menikah

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pemberian vaksin sebelum menikah dapat menjaga Anda dan si jabang bayi di masa mendatang.Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebelum menikah, selain kesiapan secara psikologis, Anda juga harus mempersiapkan kondisi kesehatan yang semakin prima salah satunya dengan menjalani serangkaian imunisasi.

Tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, pemberian vaksin juga dapat menjaga si jabang bayi di masa mendatang sehingga Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Dirangkum dari berbagai sumber, jangan sampai lupa pergi ke dokter untuk mendapatkan vaksin-vaksin berikut:


Baca juga: Gemasnya Cucu Jokowi Pakai Beskap Oranye Jelang Pernikahan Kahiyang


1. Vaksin HPV

Seperti dikutip dari Mayo CLinic, imunisasi HPV diperuntukan mencegah kanker serviks pada wanita. Umumnya, vaksin ini diberikan sebanyak tiga kali sebelum hari pernikahan.


Baca juga: Belum Menikah, Prilly Latuconsina Bersyukur Sudah Vaksin Kanker Serviks


2. Vaksin MMR (Mups, Measles, Rubella)

Pemberian vaksin ini cukup satu kali dan bermanfaat untuk menangkal Rubella saat masa kehamilan yang dapat menimbulkan bayi lahir cacat. Selain itu, vaksin MMR dapat mencegah terjadinya infertilitas pada Anda dan pasangan.


Baca juga: Fahri Hamzah Kritik Pesta Pernikahan Kahiyang-Bobby


3. Vaksin Varicella

Sebelumnya, Anda harus memeriksakan diri pada dokter apakah perlu mendapatkan vaksin ini. Pasalnya, cacar air tidak hanya membuat kondisi tidak nyaman namun juga dapat membahayakan kondisi janin sendiri. Jika cacar diperoleh selama kehamilan, maka dapat menyebabkan peningkatan risiko komplikasi bagi ibu dan bayinya.


Baca juga: Bahaya Cacar Air Pada Ibu Hamil

(Aisyah Kamaliah/up)