Rabu, 08 Nov 2017 18:31 WIB

Konsumsi Dextrometorfan Berlebih Picu Halusinasi Visual

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Konsumsi dextrometorfan berlebih picu halusinasi visual/Foto: Thinkstock Konsumsi dextrometorfan berlebih picu halusinasi visual/Foto: Thinkstock
Jakarta - Konsumsi dextrometorfan yang ada dalam obat batuk dapat menimbulkan halusinasi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Dokter mengatakan secara umum, ada dua jenis halusinasi yang bisa dialami seseorang.

Dikatakan dr Andri, SpKJ, FAPM, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, halusinasi yang terjadi pada seseorang bisa dalam bentuk mendengar suara maupun melihat sesuatu yang tidak ada. Hal ini tergantung dari penyebab mengapa seseorang bisa mengalami halusinasi.

Baca juga: Dokter: Butuh Puluhan Sachet Obat Batuk Baru Bisa Halusinasi

"Kalau pada pengidap skizofrenia misalnya, lebih sering dia halusinasi suara, mendengar, diminta untuk berbuat begini atau begitu. Kalau halusinasi visual dalam arti yang terlihat, biasanya berkaitan dengan obat, termasuk penggunaan dextrometorfan yang berlebihan," tutur dr Andri kepada detikHealth.

Efek halusinasi visual yang terjadi saat terlalu banyak dextrometorfan dikatakan dr Andri mirip dengan efek ketika seseorang menggunakan ganja atau LSD. Selain halusinasi, konsumsi obat ini secara berlebihan juga bisa memicu agitas dan euphoria.

"Namun sama seperti obat lainnya jika terlalu banyak tentu ada efek samping. Parasetamol juga kalau terlalu banyak kan bisa menimbulkan kerusakan hati," tambahnya lagi.

Farmakolog dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Zullies Ikawati, Apt, mengatakan dosis yang boleh dikonsumsi orang dewasa adalah 10-20 miligram secara oral setiap 4 jam atau 30 miligram setiap 6-8 jam, dan dosis maksimal 120 miligram per hari.

Pada salah satu kemasan obat batuk tertera dalam 1 sachet atau 7 mililiter mengandung 15 miligram dekstrometrofan. Itu artinya, jika mengonsumsi obat lebih dari 8 sachet dapat menyebabkan efek samping seperti orang mabuk.

"Enggak harus dioplos, minum banyak saja akan muncul efeknya," tutup Prof Zullies.

Baca juga: Obat Batuk Disalahgunakan Bisa Picu Halusinasi Seperti Orang Mabuk (mrs/hrn)
News Feed