Kamis, 09 Nov 2017 12:00 WIB

Sering Alami Gejala Ini? Waspada Asam Urat

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Penyakit asam urat bisa dimiliki oleh remaja, karena itu pahami gejalanya. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Jika kamu mengalami keluhan pada rasa sakit dipersendian, jangan menyingkirkan asam urat dari kemungkinan yang ada. Sebab, meskipun isu kesehatan yang satu ini banyak dialami orang dewasa, faktanya masalah ini juga mulai banyak ditemui oleh para remaja.

Asam urat adalah artritis yang terjadi bila kamu memiliki terlalu banyak asam urat dalam darah yang kemudian membentuk kristal di salah satu sendi. Seperti yang dikutip dari WebMD, Kamis (9/11/2017), berikut ini adalah sebagian gejala-gejala yang biasanya muncul.

1. Sakit di persendian

Sering mengalami nyeri sendi secara berulang terutama ketika di tengah malam adalah gejala yang muncul ketika seseorang mengalami asam urat. Akibatnya pasien dengan asam urat biasanya sering sulit untuk tidur malam. Namun, rasa sakit tersebut juga bisa muncul di awal pagi.

2. Nyeri saat disentuh

Gejala selanjutnya adalah ketika persendian terasa nyeri saat disentuh. Terkadang, muncul juga rasa seperti terbakar dan warnanya mengalami perubahan seperti menjadi merah atau ungu.


Baca juga: Ini Sebabnya Bisa Tak Timbul Gejala Meski Kadar Asam Urat Tinggi


3. Kaku di persendian

Sudah cukup banyak yang tahu bahwa kekakuan pada sendi-sendi adalah ciri yang erat sekali dengan masalah kesehatan yang satu ini. Ini tentunya sangat mengganggu aktivitas orang dengan asam urat karena rasanya bisa jadi sangat menyakitkan.

4. Biasanya pada awal mula menyerang jempol kaki

Jempol kaki merupakan tempat yang paling umum untuk terjadinya penyakit asam urat dan bisa bertahan hingga 10 hari. 36 jam pertama akan terasa sangat menyakitkan. Walaupun biasanya hanya mempengaruhi satu sendi pada satu waktu, tapi jika tidak diobati bukan tidak mungkin persendian lain seperti lutut, pergelangan kaki, kaki, tangan, pergelangan tangan, atau siku jadi korban selanjutnya.


Baca juga: 5 Asupan yang Diyakini Bisa Meringankan Asam Urat

(ask/up)