Kamis, 09 Nov 2017 15:50 WIB

Benar Tidak Ya Makanan Ini Bisa Bikin Bau Tak Sedap?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Benarkah beberapa makanan ini bisa sebabkan bau tak sedap? Foto: Getty Images Benarkah beberapa makanan ini bisa sebabkan bau tak sedap? Foto: Getty Images
Jakarta - Di kalangan masyarakat beredar bahwa ada beberapa makanan yang bisa membuat bau yang tidak sedap, seperti bau mulut dan bau badan. Tapi apakah benar memang bisa membuat bau itu?

Dikutip dari Men's Journal, beberapa makanan ini bisa membuat bau yang tidak sedap.

1. Bawang putih dan merah

Bawang-bawangan, baik bawang putih atau bawang merah dipercaya bisa sebabkan bau badan tidak sedap. Benarkah? "Semua rempah pasti akan menghasilkan bau tergantung badan manusia itu sendiri. Badan manusia kan berbeda-beda ya metabolismenya," kata dokter spesialis kulit dari RS Mayapada, dr Armansjah Dara Sjahrudin, SpKK, MKes.

Baca juga: Makan Bawang Bisa Bikin Bau Badan? Ini Kata Dokter

2. Asparagus

Asparagus disebut-sebut bisa menyebabkan urine orang yang mengonsumsinya menjadi bau. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Chemical Senses, para peneliti tidak menemukan adanya bau di urine pada kelompok kecil yang mengonsumsi asparagus. Dalam penelitian dikatakan bahwa bau urine itu bisa dipengaruhi gen.

3. Kopi

Kopi bisa membuat bau mulut seseorang menjadi bau, benarkah? Kafein berfungsi untuk memperlambat produksi air liur, sedangkan air liur digunakan untuk membunuh bakteri. Mulut yang kering adalah tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan bau yang tidak sedap. Apalagi jika ditambahkan susu atau pemanis, itu akan memperburuk keadaan.

4. Alkohol

Bukan hanya tidak sehat dan memabukkan, tetapi mengonsumsi alkohol juga bisa membuat mulut menjadi bau. Sisa-sisa dari alkohol dikeluarkan melalui urine, keringat, napas.

Baca juga: Benarkah Rempah-rempah Memicu Bau Badan? Simak Jawabannya di Sini (wdw/up)