Minggu, 12 Nov 2017 10:10 WIB

Momen Haru Seorang Janda Bertemu Pria yang 'Mendapat' Wajah Suaminya

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang wanita bertemu dengan penerima donor wajah suaminya. (Foto: Instagram/mayoclinic)
Jakarta - Pada tahun 2016 lalu, seorang pria bernama Calen Ross yang akrab dipanggil Rudy dari Minnesota memilih mengakhiri hidup dengan menembak dirinya sendiri. Ia meninggalkan seorang istri, Lilly Ross, yang pada saat itu tengah mengandung anak pertama mereka.

Lilly mengaku apa yang membuatnya bisa terus maju menjalani hidup karena anak di dalam kandungan. Ia pun ingin agar anaknya kelak bisa memahami kebaikan apa saja yang dilakukan oleh mendiang ayah untuk orang lain.

Oleh karena itu Lilly akhirnya memutuskan untuk mendonasikan organ-organ yang bisa dipakai dari Rudy.

Baca juga: Momen Haru Ayah Bersepeda Ribuan Kilometer untuk Dengar Detak Jantung Anaknya

Organisasi LifeSource kebetulan saat itu sedang mencari donor wajah untuk seorang pasien bernama Andy Sandness. Andy kehilangan wajahnya pada tahun 2006 lalu karena hancur tertembak dan sejak saat itu hidup mengasingkan diri.

Lilly sempat ragu memikirkan akan ada orang lain dengan wajah mantan suaminya, tapi kemudian setuju. Operasi pun dilakukan dan setelah setahun berlalu Andy dan Lilly baru-baru ini bertemu.

"Aku ingin memberitahu bahwa apa yang telah kamu berikan pada saya tidak akan sia-sia," kata Andy kepada Lilly dalam pertemuan mengharukan di Mayo Clinic dan dikutip dari Fox News, Minggu (12/11/2017).

Bersama sang anak yang kini berusia satu tahun, Lilly melihat dan meraba wajah Andy mencoba melihat sosok suaminya. Perasaan lega datang karena Andy dan Rudy ternyata bagi Lilly tidak mirip.

Ketika diminta datang untuk bertemu, Lilly mengaku khawatir melihat kembali sosok orang yang pernah ia cintai sejak zaman sekolah.

"Bertemu dengan Andy, rasanya seperti penutupan sebuah babak dalam hidup saya... Semua terjadi begitu cepat," ungkap Lilly dengan mata berkaca-kaca.

Lilly tidak kuat menahan air mata.Lilly tidak kuat menahan air mata. Foto: Instagram/mayoclinic


Baca juga: Cerita Perjalanan Operasi Transplantasi Ginjal Kakak Adik Ini di RSHS (fds/fds)