Senin, 13 Nov 2017 16:34 WIB

Dampak Sering Duduk dengan Kaki Disilangkan bagi Sirkulasi Darah

Erika Kurnia - detikHealth
Duduk bersilang dalam waktu lama bisa berdampak negatif. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Cara duduk yang kita lakukan sehari-hari bisa berpengaruh negatif bagi tubuh. Duduk bersila, contohnya. Meski dianggap sebagai postur duduk yang 'cantik' dan sopan, terlalu sering bisa memengaruhi sirkulasi darah.

Banyak ahli kesehatan melihat duduk dengan kaki disilangkan ini sebagai penyebab masalah bagi kaki, dari meningkatkan tekanan darah sampai sebabkan varises vena. Lebih jelasnya akan dijabarkan sebagai berikut, seperti dilansir dari Timesofindia, Senin (13/11/2017).

1. Pengaruhi tekanan darah
Beberapa studi mengatakan bahwa jika Anda duduk dengan kaki disilangkan dalam waktu lama, tekanan darah tubuh akan meningkat akibat tekanan pada saraf. Itulah mengapa duduk dengan kaki disilangkan dalam waktu lama tidak direkomendasikan, sekalipun untuk orang tanpa tekanan darah tinggi.

Baca juga: Sering Duduk Sambil Menyilangkan Kaki? Hati-hati Bahaya Kesehatannya

2. Bebani aliran darah
Duduk dengan satu kaki disilangkan ke kaki lainnya bisa meningkatkan tekanan darah berlebih ke jantung. Hal ini secara negatif akan berdampak pada sirkulasi darah tubuh.

3. Picu varises vena
Postur duduk dengan kaki disilangkan bisa memicu munculnya varises. Kebiasaan duduk seperti ini bisa menekan vena dan memicu peradangan.

4. Paralisis saraf
Selain berdampak bagi sirkulasi darah, alasan lain mengapa Anda harus menghindari duduk dengan kaki disilangkan untuk jangka waktu yang lama adalah ini dapat menyebabkan kelumpuhan saraf peroneal. Ketika Anda duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu panjang, saraf akan tertekan dan rusak.

Baca juga: Agar Postur Tubuh Tetap Baik Meski Duduk Lama di Depan Komputer

(fds/fds)