Rabu, 15 Nov 2017 16:01 WIB

Hal-hal Tak Terduga yang Bikin Bau Mulut

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal yang tak terduga. Foto: iStock
Jakarta - Bau mulut adalah hal yang sangat 'enggak banget', tetapi ini adalah masalah umum yang hampir ada di semua orang. Bau mulut pasti membuat percaya diri berkurang.

"Terdapat sekitar 85 persen kasus bau mulut, juga dikenal secara medis sebagai halitosis. Masalahnya berasal dari aktivitas bakteri di mulut, yang berakibat pada pelepasan zat seperti senyawa sulfur yang mudah menguap," kata dokter kesehatan masyarakat di Missouri, dr Obianuju Helen Okoye, dikutip dari sheknows.com.

Dirangkum detikHealth, ini beberapa hal yang bisa sebabkan mulut dan napas menjadi bau.

1. Stres

Saat stres melanda, tubuh seseorang akan memproduksi hormon stres lebih banyak, yaitu hormon adrenalin, norepinephrine, dan kortisol. "Bersama-sama mereka bisa mengubah produksi bakteri VSC (Volatile Sulphur Compound) sehingga berkontribusi pada bau mulut," jelas ahli kebersihan gigi klinis, Anastasia Turchetta.

Baca juga: Benar Tidak Ya Makanan Ini Bisa Bikin Bau Tak Sedap?

2. Amandel

Semua orang memiliki amandel atau tonsil, namun tahukah kamu bahwa amandel ini berpengaruh pada bau mulut? "Ini adalah kumpulan bakteri dan sisa makanan jika masuk ke celah jaringan amandelmu," kata Turchetta.

Amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh kita yang ada di tenggorokan. Fungsinya adalah untuk menangkal infeksi dari bakteri atau virus yang berusaha masuk lewat mulut terutama pada anak-anak.

3. Melewatkan makan

Apakah kamu tahu bahwa mulut menghasilkan sekitar tiga liter air liur setiap hari? Ini berfungsi untuk membantu pencernaan, membawa kalsium dan fosfor penting untuk gigi yang kuat, dan melawan bakteri berbahaya. Pada dasarnya, produksi air liur yang cukup sangat penting.

"Ketika Anda melewatkan makan, kamu tidak menghasilkan cukup air liur. Bila tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, itu akan menghancurkan lemak menjadi keton yang menyebabkan bau tak sedap. Awal pencernaan dimulai di mulut, oleh kelenjar ludah. Penurunan saliva menyebabkan bau mulut karena air liur membawa antimikroba," jelas seorang perawat dari New York, Rebecca Lee.

Baca juga: Bau Mulut? Buru-buru Konsumsi Makanan Berikut


(wdw/up)