Rabu, 15 Nov 2017 17:03 WIB

Ini yang Terjadi Bila Jahitan Operasi Dibiarkan Lama

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Saat seseorang menjalani operasi besar biasanya akan ada luka yang perlu dijahit oleh dokter dengan benang. Tujuannya untuk membantu menutup luka sehingga proses penyembuhan jadi lebih cepat sekaligus mengurangi risiko infeksi.

Satu hal yang harus diperhatikan terkait jahitan operasi ini adalah ia harus dikontrol secara tepat waktu. Dokter mungkin akan menekankan betapa pentingnya pasien kembali untuk membuka jahitan.

Baca juga: Tumbuh Daging Akibat Jahitan Luka Sobek di Bibir

Pembawa acara Scishow Olivia Gordon menjelaskan hal ini karena membiarkan jahitan di tubuh terlalu lama dapat berdampak buruk. Pertama jelas ketika tubuh mulai pulih jahitan dapat 'tenggelam' di dalam tubuh dan hal ini malah bisa jadi sumber infeksi.

"Selain itu alasannya bila dibiarkan terlalu lama jahitan dapat meninggalkan bekas luka di kulit yang mungkin tidak sedap dipandang. Semakin lama dibiarkan maka bekasnya akan semakin jelas," kata Olivia.

Saat ini ada beragam metode untuk menutup luka yang dikembangkan oleh peneliti. Sebagai contoh ada jahitan dengan benang yang aman diserap tubuh dan selain itu ada juga lem biologis yang bisa lumer sendiri seiring berjalannya waktu.

"Tapi hal ini biasannya lebih diperuntukan pada kasus luka-luka serius di mana dokter perlu melakukan jahitan di dalam tubuh. Tentunya dokter tidak akan mengoperasi membuka luka pada pasien kembali hanya untuk mengangkat jahitan," kata Olivia.

Baca juga: Menghilangkan Bekas Luka Jahitan di Wajah

(fds/up)