Rabu, 15 Nov 2017 19:10 WIB

Hati-hati Mengonsumsi Suplemen Kalau Tak Ingin Sperma Rusak

Hanna Pratiwi - detikHealth
Suplemen bikin sperma rusak/Foto: ilustrasi/thinkstock Suplemen bikin sperma rusak/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Bentuk tubuh atletis memang menjadi idaman bagi orang tertentu. Tak jarang yang menggunakan sejenis obat untuk menambah keindahan tubuh. Namun, waspadai juga dampaknya terhadap kualitas sperma.

Terkait hal ini, seorang pembaca menyampaikan pertanyaannya melalui Live Chat soal efek jangka panjang dari sejenis obat steroid yang dikonsumsi.

"Penggunaan steroid untuk jangka panjang dapat menyebabkan gangguan spermatogenesis," jawab dr. Nugroho Setiawan Sp.And, pakar seksologi dari Mayapada Hospital.

Menurut dr Nugroho, sebaiknya memang jangan terlalu sering konsumsi obat atau suplemen tertentu. Termasuk vitamin pun jangan berlebihan.

Baca juga: 40 Persen Peluang Kehamilan Ditentukan oleh Kesuburan Pria

Rajin mengonsumsi vitamin D tidak diperlukan sebenarnya, bila tujuannya hanya untuk menjaga kesuburan. Pemberian vitamin D dianjurkan jika pada pemeriksaan laboratorium didapat level vitamin D yang rendah.

Lebih baik, untuk Anda para pria periksa sperma ke klinik agar mengetahui kesuburan dari sperma Anda serta bisa tau mana asupan yang tepat untuk kualitas sperma.

Baca juga: Banyak Minum Alkohol Turunkan Kualitas Sperma

Punya pertanyaan seputar seks dan kualitas sperma? Kirim melalui tautan ini, lalu nantikan jawaban dari ahlinya langsung.

(up/up)
News Feed