Jumat, 17 Nov 2017 09:45 WIB

Kata Dokter Soal Memilih-milih Air Minum yang Bagus

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Air adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh dan untuk keberlangsungan hidup. Untuk kesehatan, disarankan untuk mengonsumsi air yang baik dengan mineral yang cukup tinggi.

Dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Ulul Albab, SpOG mengatakan ada beberapa faktor yang menentukan sehat atau tidaknya air yang diminum.

"Air rebusan lebih bagus dari air kemasan? Belum tentu. Tapi tidak semua air kemasan sesuai dengan komposisinya, jadi kalau kita minum air kemasan lebih bagus dari air masak, enggak juga," tegasnya saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2017).

Baca juga: Banyak Minum Rahasia Tetap Cantik dr Reisa Broto Asmoro

Baik atau tidaknya air rebusan menurut dr Ulul tidak dapat dilihat dari fisik maupun proses mengolahnya. Proses merebus merupakan pemenuhan syarat mikrobiologi sehingga kuman yang ada di air tersebut hilang karena suhu yang tinggi.

"Agak susah sebenernya kontrolnya. Air dimasak kita enggak tahu pH-nya berapa, ada bakteri apa enggak, komposisinya enggak tahu. Itu syarat dasar, tapi bukan berarti air yang kita masak nggak bagus. Kalau kita ingin tahu apa yang ada di air itu ya cek lab," jelas dr Ulul.

Sedangkan, air mineral kemasan pun belum tentu sesuai dengan komposisi yang tertera. Air kemasan yang baik adalah sumber mata airnya juga baik dan bersih. "Air kemasan sumber mata airnya di mana, kan kita engga tahu juga," imbuhnya.

Bagaimana dengan kamu, lebih suka air kemasan atau air rebusan?

Baca juga: Air Termurni di Dunia Ini Dijual Rp 300 Ribuan

(wdw/up)