Jumat, 17 Nov 2017 14:44 WIB

Banyak Disebut Saat Novanto Kecelakaan, Apa Bedanya MRI dan CT Scan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Banyak Disebut Saat Novanto Kecelakaan, Apa Bedanya MRI dan CT Scan?

Di tengah heboh kecelakaan Setya Novanto, ada dua instrumen medis yang kerap disebut yakni MRI dan CT Scan. Sama-sama berfungsi sebagai alat pemindai, apa sih beda antara keduanya?

Dikutip dari emedicinehealth, CT (Computed Tomography) Scan pertama kali digunakan tahun 1974. Alat ini menggunakan sinar X dan komputer untuk memproses datanya. Ilmuwan yang mengembangkannya, Godfrey Hounsfield dan Alan Cormack mendapat Nobel pada 1979.

CT Scan bisa digunakan untuk memindai berbagai organ dalam tubuh manusia, termasuk otak. Perdarahan, pembengkakan arteri, dan juga tumor yang tumbuh di otak, bisa dipindai dengan alat ini.

Baca juga: KPK: Setya Novanto akan Dibawa ke RS Lain untuk CT Scan

Berbeda dengan CT Scan, MRI (Magnetic Resonance Imaging) bekerja dengan gelombang radiomagnetik. Ini berarti, MRI bebas radiasi sehingga relatif lebih aman bagi pasien.

MRI juga bisa digunakan di berbagai bagian tubuh manusia, termasuk otak. Alat ini bisa memindai kerusakan pembuluh darah, cedera otak, kanker, maupun risiko stroke. Medicalnewstoday menyebut, tumor otak lebih kelihatan jelas pada pemindaian MRI.

Baca juga: Pengacara: Novanto Pindah Rumah Sakit karena Mesin MRI Rusak

(up/up)