Jumat, 17 Nov 2017 17:01 WIB

Gampang-gampang Susah Memilih Air Minum yang Baik

Widiya Wiyanti - detikHealth
Memilih air minum yang baik memang gampang-gampang susah. Foto: Thinkstock Memilih air minum yang baik memang gampang-gampang susah. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tidak ada seseorang pun yang tidak membutuhkan air setiap harinya. Sekarang banyak diperjualbelikan air mineral kemasan untuk memenuhi kebutuhan itu.

Tetapi menurut dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Ulul Albab, SpOG, tidak semua air mineral kemasan baik untuk dikonsumsi.

"Sekarang tidak semua air kemasan sesuai dengan komposisinya. Air kemasan sumber mata airnya di mana, kan kita nggak tahu juga," ujarnya usai salah satu acara di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Banyak Minum Rahasia Tetap Cantik dr Reisa Broto Asmoro

dr Ulul menyarankan untuk teliti mencari tahu asal-usul air mineral tersebut. Biasanya, ini berhubungan dengan kandungan mineral yang ada di dalamnya.

"Iseng-iseng saja cek air ini bagus nggak sih, sumbernya dari mana, bla bla bla," imbuhnya.

Selain itu, kita bisa memeriksa dari keadaan fisik air kemasan tersebut palsu atau tidak. Kemudian perhatikan airnya dengan indikasi warna, bau, dan rasa.

"Yang baik itu dia tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa. Kemudian tidak ada bakteri satu pun, pHnya ideal, tidak mengandung logam berat, plus kalau tambahan dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mineralnya ada di sana," jelas dr Ulul.

Baca juga: Air Termurni di Dunia Ini Dijual Rp 300 Ribuan

(wdw/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya