Selasa, 21 Nov 2017 12:35 WIB

5 Cara Alami Atasi Migrain

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selain dengan obat, ada lima cara alami untuk mengatasi migrain/Foto: iStock
Jakarta - Migrain adalah sakit kepala sebelah yang sebenarnya tidak sampai mengancam nyawa. Hanya saja, penyakit ini tergolong parah karena rasanya begitu menyiksa jika tidak segera diatasi.

Meskipun belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan migrain, tapi ada 5 cara alami yang dapat membantu meringankan beberapa gejala migrain yang telah detikHealth rangkum dari berbagai sumber, yaitu:

Baca juga: Ini Lho Perbedaan Antara Migrain dan Sakit Kepala Biasa

1. Minum air

Dehidrasi juga dapat memicu migrain. Jaringan di sekitar otak terdiri dari air, sehingga ketika kehilangan cairan jaringan tersebut akan menyusut, menyebabkan iritasi dan nyeri. Minum antara 1 dan 2 liter air sehari dapat mengurangi keparahan, durasi dan frekuensi serangan migrain.

2. Kunyah jahe

Mengunyah jahe dapat meringankan masalah mual dan pencernaan yang cenderung menyertai gejala migrain. Jahe juga dapat memblokir efek dari prostaglandin, yaitu zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak dan memicu migrain.

3. Makan makanan kaya magnesium

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak dan juga berkurangnya gula darah, yang keduanya berkontribusi terhadap migrain. Untuk itu, makanlah makanan seperti sayuran hijau, tomat, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk meredakan migrain.

4. Pijat

Kejang otot di leher, punggung atau bahu biasanya terjadi akibat terlama duduk di depan komputer atau mengemudi. Nah inilah yang memicu datangnya migrain.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pijat karena ini akan membuat rileks. Meskipun datanya kurang memadai, namun sebuah studi menemukan bahwa melakukan pijat dua kali seminggu selama lima minggu dapat mengurangi 50 persen migrain.

5. Yoga

Sebuah studi di India menunjukkan bahwa orang yang menderita migrain dan melakukan yoga dengan kombinasi meditasi dan teknik relaksasi lainnya, dapat mengurangi migrain dengan berkurangnya rasa nyeri. Kegelisahan dan depresi pun akan berkurang.

Baca juga: 4 Asupan Ini Bisa Bantu Kontrol Migrain yang Mengganggu (hrn/up)