Selasa, 28 Nov 2017 12:37 WIB

Lalat Terkenal Kotor, Berapa Banyak Bakteri di Tubuhnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sekitar 600 jenis bakteri dari lalat bisa menempel pada makanan. (Foto: iStock)
Jakarta - Secara umum orang-orang mungkin tahu bahwa makanan yang dikerubungi lalat tidak aman untuk dikonsumsi karena kemungkinan sudah tercemar oleh bakteri. Hal ini terjadi karena lalat senang hinggap dari satu permukaan ke permukaan lain membawa bakteri yang ada bersamanya.

Bisa saja seekor lalat terbang dari tempat sampah, kotoran, lalu berakhir di makanan atau minuman. Bila kita nekat mengonsumsi makanan tersebut maka ada risiko timbul masalah pencernaan karena infeksi bakteri.

Baca juga: Alergi Parah, Pria Ini Meninggal Setelah Digigit Lalat

Terkait hal tersebut studi terbaru oleh peneliti dari Penn State University mengungkap bahwa seekor lalat bisa sangat penuh oleh bakteri. Dengan menggunakan teknik pengurutan informasi genetik peneliti melihat tubuh lalat rumahan (Musca domestica) bisa menyimpan sekitar 351 bakteri sementara lalat hijau (Chrysomya megacephala) menyimpan sekitar 316 bakteri.

"Orang-orang memang sudah mengira bahwa ada patogen yang dibawa lalat. Tapi berapa banyak patogen itu dan bagaimana penyebarannya mungkin belum diketahui," kata salah satu peneliti Profesor Donald Bryant, dikutip dari BBC pada Selasa (28/11/2017).

Dikombinasikan, dua spesies lalat dalam studi dapat membawa sekitar 600 bakteri. Sebagian besar bakteri tersebut berkaitan dengan penyakit infeksi saluran cerna, keracunan, dan pneumonia.

Peneliti yang studinya dipublikasi dalam jurnal Scientific Reports ini menyebut bahwa lalat merupakan hewan peyebar penyakit yang tidak boleh diremehkan.

"Anda harus berpikir dua kali bila ingin mencoba salad kentang di tempat piknik yang sudah dibiarkan lama terbuka," kata Prof Bryant.

Baca juga: Ada di Sekitar Kita, 6 Hewan Ini Paling Berbahaya untuk Manusia (fds/up)