Kamis, 30 Nov 2017 08:36 WIB

Mewarnai, Kegemaran Taeyeon SNSD yang Bisa Taklukkan Stres

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Taeyeon, leader Girls Generation yang semalam mengalami kecelakaan punya cara tak biasa untuk meredakan stres yang biasa menghampirinya sebagai figur publik. Foto: instagram/Taeyeon_SS Taeyeon, leader Girl's Generation yang semalam mengalami kecelakaan punya cara tak biasa untuk meredakan stres yang biasa menghampirinya sebagai figur publik. Foto: instagram/Taeyeon_SS
Jakarta - Pentolan grup asal Korea, Girl's Generation, Taeyeon, diberitakan mengalami kecelakaan yang cukup hebat tadi malam, Selasa (28/11) di Gangnam. Bicara tentang Taeyeon, ada satu hobinya yang unik.

Faktanya, di tengah jadwal manggungnya yang padat, gadis berusia 28 tahun ini memiliki hobi mewarnai. Wah, bukankah ini identik dengan kegiatan yang digemari anak-anak? Jawabannya tidak.

Bagi orang dewasa, mewarnai dapat membantu meredakan stres. Dijelaskan psikolog Scott M Bea, Psy.D., ada tiga alasan mengapa kegiatan mewarnai dapat memberikan efek meredakan stres:

1. Meskipun sederhana, mewarnai mengalihkan perhatian seseorang dari apa yang terjadi pada dirinya. "Manfaatnya mirip seperti sedang meditasi," katanya seperti dilaporkan ClevelandClinic.org.

2. Ketika pikiran hanya terfokus pada aktivitas sederhana, otak cenderung menjadi rileks. Dan rileksnya otak juga berarti rileksnya tubuh.

3. Bagus tidaknya hasil mewarnai sangat bergantung pada yang bersangkutan. Tetapi ketika Anda mengacaukannya, tidak ada konsekuensi yang berarti. "Karena kita tidak sedang merasa dites, rasanya tetap memuaskan apapun hasil (mewarnainya, red)," lanjutnya.

Taeyeon SNSD punya hobi mewarnaiTaeyeon SNSD punya hobi mewarnai Foto: instagram/Taeyeon_SS


Baca juga: Menggambar, Mewarnai dan Menggunting Bisa Ungkap Trauma Psikis Anak

Penelitian ilmiah yang mendukung manfaat mewarnai terhadap stres memang tidak banyak. Namun seni telah lama dipergunakan untuk memberikan terapi bagi berbagai penyakit.

Dalam sebuah studi di tahun 2006, terapi seni untuk pasien wanita dengan kanker membantu menurunkan gejala fisik dan stres emosional yang dirasakan selama proses pengobatan. Mereka yang mengalami gangguan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, kecanduan dan trauma juga kerap diarahkan untuk menjalani terapi sejenis.

Mewarnai bisa redakan stresMewarnai bisa redakan stres Foto: instagram/Taeyeon_SS


"Memang mewarnai dan terapi seni berbeda, tetapi dugaan saya dampaknya terhadap mental adalah sama. Sama halnya manfaat yang dirasakan ketika seseorang mendengarkan lagu kesukaannya," tutup Dr Bea.

Baca juga: Artwork, Terapi Sederhana Bagi Penderita Parkinson! (lll/up)
News Feed