Kamis, 30 Nov 2017 15:05 WIB

Kerokan untuk Jaga Kondisi Saat Cuaca Ekstrem, Manjurkah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kerokan terapi tradisional praktis untuk mengusir masuk angin saat cuaca ekstrem/Foto: Thinkstock Kerokan terapi tradisional praktis untuk mengusir masuk angin saat cuaca ekstrem/Foto: Thinkstock
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang akan menyapa sejumlah wilayah di Indonesia. Akibat cuaca buruk tersebut, tak sedikit orang rentan terserang penyakit, termasuk masuk angin. Nah, biasanya kerokan menjadi pertolongan pertama saat orang masuk angin.

Saat dihubungi detikHealth, menurut dr Kevin William Hutomo, kerokan bisa menjadi solusi praktis mengusir masuk angin di tengah cuaca yang buruk ini. Sebab, gerakan menggesekan koin ke kulit ini akan menghasilkan perasaan hangat.

"Nah hal ini akan memicu pembuluh darah melebar dan menyebabkan warna kemerahan di kulit. Saat pembuluh darah melebar aliran darah akan terdistribusi dengan baik," kata dr Kevin.

Baca juga: Ini Saran Dokter Bagi Anda yang Gemar Kerokan

Lanjut dr Kevin, hal ini juga akan menyediakan ruang lebih untuk sel darah putih yang merupakan komponen kekebalan tubuh. Sel darah putih akan menjadi reaktif ketika banyak pembuluh darah tepi mengalami peradangan saat kita melakukan kerokan.

"Sehingga tubuh akan mengeluarkan zat anti radang yaitu cytokines yang akan menyebabkan peradangan-peradangan seperti pegal-pegal menjadi berkurang rasa pegalnya," terang dr Kevin.

Baca juga: Siklon Tropis Dahlia, Waspadai Hujan Deras Hingga Angin Kencang

Baru-baru ini, artis sekaligus presenter, Ruben Onsu mengunggah sebuah foto ke akun Instagram pribadinya. Di foto tersebut tampak sang istri, Sarwendah sedang mengerok punggung Ruben. Sementara, sang putri, Thalia terlihat sedang memijat tangan kanan Ruben. Berdasarkan keterangan yang ditulis sang istri, Ruben saat itu sedang tidak enak badan.

Baca juga: Ketika Kerokan Sarwendah pada Ruben Onsu Jadi Viral

Kerokan untuk Jaga Kondisi Saat Cuaca Ekstrem, Manjurkah?Ruben Onsu mengunggah sebuah foto ke akun Instagram pribadinya. Di foto tersebut tampak sang istri, Sarwendah sedang mengerok punggungnya/Foto: Instagram @Sarwendah29


Baca juga: BMKG Bandung: Badai di Lembang Dampak Siklon Dahlia (hrn/up)
News Feed