Kamis, 30 Nov 2017 16:35 WIB

Sakit Kepala karena Sering Kehujanan, Begini Mengatasinya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Mengatasi sakit kepala karena sering kehujanan/Foto: thinkstock
Jakarta - Cuaca yang tidak menentu, seperti hujan yang turun secara tiba-tiba dibarengi dengan angin kencang membuat seseorang yang sedang beraktivitas di luar menjadi kehujanan bahkan basah-basahan. Tak jarang karena sering kehujanan, seseorang mengeluh sakit kepala.

"Hubungan kehujanan dengan nyeri kepala sebenarnya terjadi karena adanya perubahan suhu tubuh yang mendadak saat terpapar air hujan yang dingin," terang dr Kevin William Hutomo saat dihubungi detikHealth.

Menurut ia, kondisi ini akan menyebabkan pembuluh darah menyempit untuk mempertahankan panas di dalam tubuh agar tidak kedinginan. Namun, secara tidak langsung, saat pembuluh darah menyempit, asupan oksigen ke area otak akan berkurang sehingga memicu terjadinya sakit kepala.

Baca juga: Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

"Oleh sebab itu biasanya disarankan untuk mandi dan keramas menggunakan air hangat setelah kehujanan," pungkas dr Kevin.

Hal ini, kata dr Kevin, akan menyebabkan pembuluh di seluruh tubuh akan melebar dan membuat distribusi oksigen ke otak dan jaringan tubuh lainnya lebih optimal.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba (hrn/fds)