Selasa, 05 Des 2017 13:00 WIB

Fakta Medis Seputar Kecelakaan 'Death Drop' yang Dialami Stuntman Demian

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kondisi kesehatan Edison terpantau mulai membaik dan akan melaksanakan operasi tulang rusuk kemungkinan Senin depan. Foto: dok. Instagram
Jakarta - Tidak ada yang menyangka bahwa atraksi sulap Demian pada beberapa hari yang lalu akan membawa insiden mengerikan yang dialami oleh Edison atau Echon. Trik 'Death Drop' yang dimainkan Demian menyebabkan Echon mengalami patah tulang rusuk dan cedera pada saraf di area bokong.

Dilansir dari berbagai sumber, ini dia sejumlah penjelasan medis melihat dari kondisi yang disebut-sebut sedang dialami Echon. Berikut ini di antaranya.

1. Patah rusuk

Berdasarkan keterangan dari kakak kandung Echon, Senin depan Echon akan menjalani operasi untuk lima tulang rusuknya yang patah. Komplikasi yang paling umum dari tulang rusuk yang patah adalah kesulitan bernapas karena sakit. Jika Anda tidak bernapas dalam cukup dalam, lendir dan kelembaban dapat terbentuk di paru-paru dan menyebabkan infeksi seperti pneumonia, demikian dikutip dari Very Well.

Baca juga: Sudah Sadar dan Tersenyum, Edison Wardhana: Thank You Tuhan!


Edison sangat piawai bermain bola basket.Edison sangat piawai bermain bola basket. Foto: Dok. Instagram/edison_wardhana


2. Cedera tulang ekor

Karena cederanya yang cukup parah, Echon juga harus menjalani pemeriksaan tulang ekornya yang dikhawatirkan mengalami fraktur. Patahnya tulang ekor dapat terdeteksi dengan melakukan foto rontgen. Ketika mengalami patah tulang yang parah, perawatan di rumah sakit memang dibutuhkan. Tindakan operasi juga patut dipertimbangkan.

Kini kondisi kesehatan Edison atau Echon sudah mulai membaik.Kini kondisi kesehatan Edison atau Echon sudah mulai membaik. Foto: dok. Instagram

3. Paru-paru bocor

Kabar lainnya menyebutkan Echon mengalami paru-paru bocor akibat dari patahnya tulang rusuk, meski belum terkonfirmasi. Cedera paru sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, baik secara langsung seperti karena trauma misalnya tertusuk, infeksi, bahan kimia, dan lainnya, maupun secara tidak langsung dengan contoh sepsis (bakteri menginfeksi aliran darah), pendarahan hebat dari cedera, serta overdosis obat.

Baca juga: Curhat Seorang Istri yang Paru-paru Suaminya Harus Dibor Karena Rokok


Demian pun sudah melakukan konferensi pers untuk menjawab mengenai masalah tersebut.Demian pun sudah melakukan konferensi pers untuk menjawab mengenai masalah tersebut. Foto: Demian dan keluarga Edison Wardhana (YouTube)
(ask/up)