Rabu, 06 Des 2017 07:35 WIB

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Mendapatkan Otot Kekar

Widiya Wiyanti - detikHealth
Latihan untuk mendapatkan otot yang kekar/Foto: thinkstock Latihan untuk mendapatkan otot yang kekar/Foto: thinkstock
Jakarta - Banyak yang menginginkan otot-otot tubuhnya menjadi kekar, biasanya ini didapatkan dari fitnes di gym. Kebanyakan gerakan-gerakan di gym berdasarkan olahraga dengan menggunakan beban.

Saat ini bukan hanya olahraga dengan menggunakan beban saja yang bisa membentuk otot-otot tubuh, olahraga dengan menggunakan berat badan sendiri juga bisa. Ini disebut kalistenik.

Banyak sekali gerakan kalistenik yang bisa dipraktikkan, mulai yang mudah hingga yang advance (sulit). Misalnya push up, pull up, dips, muscle up, hingga planche.

Walau ada gerakan yang mudah, kita tidak boleh asal-asalan melakukannya agar hasil yang didapatkan optimal. Menurut Ade, salah satu anggota komunitas olahraga Street Workout Depok (SWORD), yang terpenting dari gerakan-gerakan tersebut adalah mengatur otot inti tubuh yang disebut otot core.

"Yang pertama gimana kita ngatur core, core itu kekuatan serat-serat otot kecil di perut. Kalau dia punya basic corenya bagus, ya bisa," ujarnya kepada detikHealth.

Baca juga: 3 Gerakan Simpel untuk Mendapatkan Otot Sekencang Shafa Aliya

Otot core memiliki fungsi untuk menopang gerakan dan keseimbangan tubuh manusia. Ketika otot core kuat, maka akan lebih mudah untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut.

Untuk melatih otot core agar kuat, kamu bisa lakukan gerakan olahraga, seperti push up, plank, dan sit up.

"Kalau nge-core biasanya dilatih gerakan hot plank, segala sesuau yang basic-nya nge-hot itu akan lebih kuat di core. Kayak push up nge-hot, core kena, sit up nge-hot core kena, apalagi nge-plank," jelas Ade.

Baca juga: Infografis: 5 Gerakan Praktis untuk Mengencangkan Bokong

Lihat video tutorial berikut untuk dapatkan otot-otot tubuh kekar.

(wdw/hrn)
News Feed