Sabtu, 09 Des 2017 07:24 WIB

8 Makanan untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Bagi pasien diabetes, sebaiknya harus mengakrabkan diri dengan makanan berikut. Foto: iStock Bagi pasien diabetes, sebaiknya harus mengakrabkan diri dengan makanan berikut. Foto: iStock
Jakarta - Bagi pasien diabetes, menjaga pola makan sehat rendah gula dan kalori merupakan kunci agar gula darah terkontrol. Sebabnya, kadar gula darah memiliki kaitan erat dengan makanan yang dimakan.

Pakar mengatakan pasien diabetes sebaiknya harus mengakrabkan diri dengan makanan-makanan berikut ini. Pasalnya, makanan ini diklaim sebagai 'superfood' untuk mengontrol gula darah.

Apa saja? Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut makanan-makanan yang dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah:

1. Kayu manis ternyata bisa membantu mengendalikan diabetes. Faktanya, konsumsi kayu manis dapat menurunkan resistansi insulin, sehingga membatasi kadar gula darah.

2. Jus lemon adalah sumber serat larut dan vitamin C yang kaya. Kedua zat tersebut terbukti untuk menjaga kadar gula darah.

3. Gandum utuh adalah pilihan yang sering muncul untuk pasien diabetes sebagai pengganti nasi. Di dalam gandum utuh terdapat serat, vitamin, dan mineral yang juga menambah nutrisi.

4. Orang dengan diabetes khususnya diabetes tipe 2 sebaiknya menggunakan minyak zaitun sebagai minyak untuk memasak. Selain dapat membantu menjaga kadar gula darah, minyak zaitun juga lebih menyehatkan.

5. Untuk cemilan malam, konsumsi semangkuk kecil kacang-kacangan misalnya kenari, pistachio, mete, macadami, dan almond. Kandungan protein C-reaktif yang membantu menurunkan tingkat gula darah serta kandungan HDL (kolesterol baik) adalah alasan di baliknya.

6. Ubi jalar ternyata bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes karena kaya akan serat dan mengandung indeks glisemik rendah.

7. Sebenarnya tak hanya orang dengan diabetes, sayur-sayuran hijau kaya akan serat dan pasti dapat membantu menjaga kadar gula darah.

8. Yogurt punya karbohidrat dan protein berkualitas tinggi sehingga membantu mencegah kenaikan kadar gula darah di tubuh. Namun ingat ya, bukan yogurt yang ditambahkan pemanis atau perasa buatan ya.

(ask/up)