Selasa, 12 Des 2017 07:03 WIB

Sakit Mag Tapi Mau Diet? ini Tips Dokter Gizi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ini saran ahli untuk orang yang sakit mag yang ingin diet. Foto: thinkstock Ini saran ahli untuk orang yang sakit mag yang ingin diet. Foto: thinkstock
Jakarta - Orang dengan masalah pada percernaan atau mag biasanya mengalami kesulitan untuk menerapkan diet aman tanpa menimbulkan rasa sakit. Nah, ditemui detikHealth, dr Diana F Suganda MKes, SpGK, membagikan tipsnya untuk Anda yang ingin diet meski memiliki kondisi serupa.

Pada dasarnya, dr Diana menjelaskan bahwa ketika diet, orang harus mengalami defisit kalori atau kalori yang masuk harus lebih kecil dari yang keluar.

"Kalau orang dengan gastroenteritis atau mag kan dia nggak boleh kosong lama-lama (tidak makan), kalau dia 1.500 kebutuhan kalorinya, dibagi kecil-kecil porsinya jadi dia makan. Per tiga jam dia makan, tapi yang rendah kalori," ujarnya saat ditemui baru-baru ini.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Kamu Makan Lebih Banyak

Jika ingin menyelipkan camilan, dr Diana menyarankan untuk memilih camilan yang berkisar di angka 100 kalori. Ini setara dengan satu porsi buah-buahan potong. Dengan cara ini, meskipun porsi makanan tetap mengalami pengurang dari biasanya, akan tetap tetap aman diterapkan untuk orang dengan gastroenteritis.

"Kalau mag, kosong lama salah, terisi langsung banyak juga salah," tutupnya.

Baca juga: Survei: 34 Persen Orang Indonesia Pilih Nonton TV Saat Stres


(ask/up)
News Feed