Selasa, 12 Des 2017 11:40 WIB

Kebiasaan yang Tak Diduga Bisa Ganggu Kesehatan Jantung

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ada beberapa kebiasaan tak terduga yang bisa ganggu kesehatan jantung. Foto: thinkstock Ada beberapa kebiasaan tak terduga yang bisa ganggu kesehatan jantung. Foto: thinkstock
Jakarta - Jantung adalah salah satu organ yang paling penting untuk dijaga kesehatannya. Jika jantung sudah tidak sehat, maka penyakit seperti serangan jantung hingga gagal jantung bisa menghampiri.

Jantung yang tidak sehat bisa dipicu oleh gaya hidup yang asal-asalan. Tidak mementingkan asupan makan dan tidak rutin melakukan olahraga contohnya.

Kebiasaan-kebiasaan tidak baik juga bisa menjadi pemicunya. Dilansir dari health.com, ada beberapa kebiasaan tak terduga yang bisa membuat jantung tidak sehat.

1. Duduk terlalu lama

Meskipun Anda rutin berolahraga, duduk berjam-jam untuk menonton televisi, bermain game, atau bekerja dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kurang gerak pada saat duduk terlalu lama itu bisa memengaruhi kadar lemak dan gula dalam darah.

Baca juga: 8 Bukti Kesehatan Jantung Pengaruhi Kehidupan Seks Pria

2. Mendengkur

Mendengkur atau ngorok adalah hal yang paling mengganggu ketika tidur. Mendengkur termasuk gejala dari sleep apnea, yaitu gangguan tidur di mana napas tiba-tiba berhenti saat tidur.

3. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang

Hal yang tak terduga ini tenyata bisa membahayakan jantung. Jika benang yang digunakan tidak bersih, ini akan mudah timbul bakteri. Bakteri bisa membuat gusi meradang kemudian masuk ke aliran darah dan memengaruhi jantung.

4. Kurang makan buah dan sayur

Menurut penelitian, orang yang makan buah dan sayur sebanyak lima porsi sehari memiliki 20 persen lebih rendah bersisiko penyakit jantung dan stroke dibandingkan mereka yang hanya tiga porsi atau kurang.

5. Terlalu banyak minum alkohol

Sudah tidak diragukan lagi jika alkohol dapat merusak kesehatan, terutama jantung. Berlebihan minum alkohol bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, lemak dalam darah, dan kerusakan jantung.

Baca juga: Kenali Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Berisiko Picu Penyakit Jantung

(wdw/up)
News Feed