Berbagai Manfaat Donor Darah, Salah Satunya Enteng Jodoh

ADVERTISEMENT

Berbagai Manfaat Donor Darah, Salah Satunya Enteng Jodoh

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kamis, 14 Des 2017 09:34 WIB
Selain menyehatkan, donor darah juga bermanfaat untuk memperenteng jodoh. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Donor darah secara rutin memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. Palang Merah Indonesia mengatakan rutin donor darah bisa dijadikan gaya hidup sehat bagi generasi muda saat ini.

dr Ria Syafitri, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Pusat mengatakan setidaknya ada 3 manfaat yang bisa didapat jika rutin mendonorkan darah. Pertama, tentu saja tubuh menjadi sehat dan bugar, karena tubuh akan memproduksi stok darah baru untuk menggantikan darah yang keluar.

"Kedua, donor darah ini menolong sesama, merupakan perbuatan baik dan bisa jadi amal ibadah. Ketiga karena masih muda dan sehat, makanya bisa lebih mudah dapat jodoh," ujar dr Ria sembari tertawa, ditemui di sela-sela Forum Kebijakan Keamanan Darah, Asia-Pasific Ekonomic Cooperation (APEC) ke-4, di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2017).

Dikatakan dr Ria, tren jumlah donor darah meningkat kurang lebih 10 persen tiap tahunnya. Hal ini menurut dr Ria tak lepas dari peran tokoh PMI seperti Jusuf Kalla yang mengajak generasi muda untuk rutin donor darah.

Baca juga: Pentingnya Skrining untuk Cegah Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah

Di sisi lain, PMI juga menyebut kebutuhan akan stok darah di Indonesia belum mencapai target ideal 2 persen dari jumlah penduduk. Hal ini tidak lepas dari daerah Indonesia yang terdiri dari kepulauan dan sulitnya beberapa daerah mengakses unit transfusi darah.

"Jika penduduk Indonesia saat ini 255 juta, berarti kebutuhannya kurang lebih 5 juta kantong setiap tahunnya. Nah, di pusat bisa 1.000 kantong per hari produksinya, tapi di daerah ada yang 1.000 per bulan, atau bahkan tidak sampai 10 kantong per hari," tuturnya lagi.

Saat ini dr Ria mengatakan PMI memiliki 221 unit transfusi darah di seluruh Indonesia. Sementara pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi, memiliki sekitar 193 unit transfusi darah.

"Karena itu sekali lagi penting bagi generasi muda untuk rutin donor darah dan berkelanjutan. Hapannya jika sudah donor darah rutin sejak muda, bisa menjadi donor tetap hingga seterusnya," tutupnya.

Baca juga: Cristiano Ronaldo, Pemain Sepakbola Terbaik Dunia yang Doyan Donor Darah (mrs/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT