Kamis, 14 Des 2017 11:48 WIB

Berbagai Penyebab Penyakit Liver Seperti yang Diidap AM Fatwa

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi hati atau liver (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta, Andi Mappetahang Fatwa atau yang dikenal AM Fatwa pagi tadi, Kamis (14/12/2017) mengembuskan napas yang terakhirnya di Rumah Sakit MMC Jakarta.

Keponakannya, Andi Agung Baso Amir sebut AM Fatwa mengidap penyakit liver. "Keluhan yang terakhir beliau liver stadium 4 dan kelebihan beliau tidak pernah merasakan sakit," ujarnya dikutip dari detikNews.

Penyakit liver memang penyakit yang berbahaya dan mematikan jika sudah menginjak stadium berat. Menurut dokter spesialis penyakit dalam, DR Dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM, penyakit liver biasanya disebabkan oleh 3 hal yang juga berbahaya.

Baca juga: 5 Kondisi Kesehatan yang Kerap Menyerang di Usia 78 Tahun

"Paling sering virus hepatitis B, hepatitis C, kemudian perlemakan hati," ujarnya kepada detikHealth.

Hepatitis adalah salah satu penyakit menular yang banyak ditakutkan orang karena ketidaktahuan mereka walaupun penularan virus hepatitis B dan C tidak semudah dan secepat yang dibayangkan.

"Orang yang memiliki virus hepatitis B atau C belum tentu alami kerusakan hati. Beberapa kasus virus itu dorman dan hanya aktif kalau dibangkitkan dengan kebiasaan tidak sehat yang merusak hati," jelasnya.

Sementara perlemakan hati timbul karena gaya hidup yang tidak sehat. Menurut dr Rino, kebanyakan disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti makanan yang banyak mengandung lemak.

Baca juga: Keluarga: AM Fatwa Meninggal karena Liver Stadium 4

(wdw/up)