Sabtu, 16 Des 2017 14:00 WIB

The Sacred Riana Menang Asia's Got Talent, Benarkah Telekinesis Itu Ada?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Riana sering dikaitkan dengan kemampuan telekinesis. Foto: Instagram Asias Got Talent Riana sering dikaitkan dengan kemampuan telekinesis. Foto: Instagram Asia's Got Talent
Jakarta - 'The Sacred' Riana berhasil mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan ajang pencarian bakat dengan profesinya sebagai mentalis. Selain menampilkan karakter yang kuat, Riana kerap mencuri perhatian karena kemampuannya memindahkan objek seperti kunci yang ada di tangannya yang tiba-tiba saja berputar.

Kepopuleran Riana pun berujung pada pujian dan komentar dari warganet. "Bangga bngt ama riana, kmu keren bngt, suka bngt ama smua penampilan km..." tulis Dh**nty B***run. Namun, di antara ribuan pujian ada juga yang malah beramai-ramai membahas soal telekinesis dan mengaitkannya dengan atraksi sulap yang Riana mainkan.

Menelusuri lebih jauh soal telekinesis, telekinesis dijelaskan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi benda fisik dengan pikiran seseorang. Karena pembahasan ini benar-benar cukup kompleks untuk dipahami, masalah ini sering menjadi objek penelitian sejumlah ilmuan sejak beberapa abad yang lalu.

Baca juga: 8 Tahun Lumpuh, Pria Ini Bisa Gerak Lagi dengan Kekuatan Pikiran

Salah satunya yang dilakukan oleh Dr Robert G. Jahn, salah satu profesor di Princeton University. Selama 29 tahun, Dr Jahn bersama rekan-rekannya melakukan penelitian dalam usaha meyakinkan bahwa manusia secara kejiwaan dapat mempengaruhi benda-benda material. Akan tetapi, laboratorium Princeton akhirnya ditutup, seperti dikutip NY Times.

"Selama 28 tahun, kami telah melakukan apa yang ingin kami lakukan, dan tidak ada alasan untuk tinggal dan menghasilkan lebih banyak data yang sama. Jika orang tidak mempercayai kami setelah semua hasil yang telah kami hasilkan, maka mereka tidak akan pernah (percaya)," ujar Dr Jahn.

Sejumlah kasus yang terjadi diberbagai belahan dunia pun turut mendukung mengenai kemampuan seseorang yang disebut-sebut bisa menggerakan benda seperti membengkokan sendok, atau menggeser gelas yang ada di atas meja. Bagaimana pun, banyak juga orang yang meragukan adanya kemampuan telekinesis.

Hingga kini, studi mengenai fenomena telekinesis masih menarik untuk diteliti lebih lanjut. Hmm... bagaimana pendapat Anda?

Baca juga: Penyakit Bisa Datang Hanya dari Pikiran yang Tidak Sehat

(ask/up)
News Feed