Sabtu, 16 Des 2017 17:04 WIB

Fakta-fakta Bisa King Kobra yang Menewaskan ABG Syahril

Widiya Wiyanti - detikHealth
Berbagai fakta menarik bisa ular king kobra. Foto: dok. Istimewa Berbagai fakta menarik bisa ular king kobra. Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Meninggalnya ABG Syahril Sultan Nashir asal Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat akibat dipatuk ular king kobra yang bukan lain adalah peliharaannya sendiri.

"Anak saya tewas setelah dipatuk ular peliharaannya," kata Ibunda Syahril, Neuis Marpuah dikutip dari detikNews, Sabtu (16/12/2017).

Sudah umum diketahui bahwa ular king kobra memiliki bisa atau racun yang sangat mematikan. Dirangkum detikHealth dari beberapa sumber, berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai bisa king kobra.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Ketika Digigit King Cobra Seperti ABG Syahril

1. Berakibat fatal

Gigitan ular king kobra sangat berbahaya. Racun yang dinamakan racun neurotoksis ini bisa dengan cepat menyebar dan menyerang sistem saraf manusia. Gejala yang muncul setelah dipatuk ular ini mencakup masalah penglihatan, kesulitan bicara, kelemahan otot, sulit bernapas, dan antikoagulasi.

2. Dapat membunuh manusia dalam hitungan menit

Menurut penelitian dari Universitas Michigan, korban manusia bisa berhenti bernapas hanya dalam waktu 30 menit setelah digigit kobra. Racun yang menyerang jaringan tubuh menyebabkan rasa sakit, pembengkakan dan kematian jaringan sel.

3. Racunnya bisa membutakan mata

Bukan hanya manusia, ular seperti king kobra juga bisa meludah. Yang diludahkan king kobra adalah racun yang sangat mematikan. Menurut American Museum of Natural History, king kobra bisa meludah ke arah mata manusia dengan tepat. Racun di mata bisa menyebabkan kebutaan jika tidak segera diberi penanganan.

4. Dapat membunuh gajah seberat lebih dari 5 ton

Racun king kobra juga bisa mematikan gajah dengan berat lebih dari 5 ton hanya dalam waktu tiga jam saja. Dengan satu gigitan, seekor kobra bisa menyuntikkan 7 mililiter racun atau setara dengan 1,5 sendok teh.

Baca juga: Viral, ABG di Bandung Tewas Dipatuk Ular King Kobra Peliharaannya

(wdw/up)
News Feed