Selasa, 19 Des 2017 17:04 WIB

Health It Up

Video: Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar Jelang Liburan Akhir Tahun

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: 20detik Foto: 20detik
Jakarta - Libur panjang akhir tahun akan segera tiba, waktunya memanjakan diri dengan jalan-jalan dan makan enak. Tapi awas, jangan sampai tumbang karena kelelahan.

Salah satu cara menghindari sakit karena kelelahan adalah dengan menjaga kebugaran tubuh. Nggak harus jadi member di gym yang mahal kok, banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Beberapa di antaranya bisa disimak di video yang diperagakan oleh Jemima Djatmiko, pegiat hidup sehat yang nama dan prestasinya sudah malang melintang di berbagai kompetisi Crossfit.



Baca juga: Tertarik dengan Crossfit? Coba 4 Gerakan Ini Untuk Memulainya

Dalam video di atas, Jemima mencontohkan gerakan-gerakan praktis tapi cukup efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Hampir semuanya tidak butuh peralatan khusus sehingga bisa dilakukan di mana saja.

1. Jumping jacks
Sangat efektif menaikkan heart rate (denyut jantung), cocok untuk pemanasan. Latihan ini bagus untuk melatih sistem kardiovaskular agar lebih efisien mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Burpees
Gerakan ini termasuk kategori total body workout karena melibatkan hampir semua kelompok otot tubuh. Walau simpel, gerakan ini mampu membakar banyak kalori sembari melatih kemampuan kardiovaskular.

Baca juga: 3 Alasan Menyebut 'Burpees' Olahraga Terbaik

3. Air squats
Bagi yang mendambakan bokong padat sekencang Kim Kardashian, squats adalah pilihan terbaik. Dari berbagai variasi squats, air squats adalah salah satu yang paling sederhana.

4. Push ups
Untuk tubuh bagian atas, push up menawarkan berbagai variasi untuk menargetkan berbagai kelompok otot. Wide push ups efektif melatih otot bahu dan dada (chest), sedangkan triceps push ups dengan posisi tangan lebih rapat akan lebih menyasar lengan bagian samping dan belakang.

5. Sit ups
Latihan otot perut yang sangat melegenda ini juga punya banyak variasi. Dalam video ini, Jemima memperagakan variasi Butterflu Sit Ups.

6. Triceps dips
Sama seperti versi push ups, gerakan ini juga bertujuan untuk melatih otot triceps di lengan bagian samping dan belakang. Bedanya, dips dilakukan dengan bantuan bench atau kursi pendek. Bisa juga menggunakan anak tangga atau kotak yang tidak terlalu tinggi. (up/up)